Sukses

5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Obat Tidur

Meskipun Anda bisa tidur, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentan obat tidur

Sebuah laporan CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika) baru-baru ini menemukan hampir sembilan juta orang Amerika atau sekitar empat persen orang dewasa di atas 20 tahun sering minum obat tidur (dan jauh lebih banyak perempuan dibandingkan laki-laki).

Hal ini menunjukkan, ketika seseorang merasa insomnia (sulit tidur), ia akan segera minum obat tidur. Tapi meskipun Anda bisa tidur, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentan obat tidur, seperti dilansir Bustle, Sabtu (29/11/2013) berikut ini:

1. Obat tidur bukan pilihan pertama saat insomnia

Insomnia bisa menjadi tanda dari masalah psikologis. Jika Anda secara teratur mengalami insomnia, Mayo Clinic menyebutkan pasti ada pola perilaku yang salah dan perlu diubah. Karena terapi perilaku kognitif umumnya pengobatan yang terbaik.

2. Kenali jenis obat tidur

Beberapa pil tidur dirancang untuk membantu Anda tertidur lebih cepat seperti sonata atau ambien. Beberapa lainnya seperti Restoril bisa membuat Anda tidur lebih lama. Sementara jenis Lunesta, memiliki manfaat keduanya. Pastikan minum obat tidur sesuai kebutuhan Anda.

3. Memiliki efek samping

Obat tidur juga memiliki efek samping seperti menyebabkan kecemasan, mimpi yang aneh, mual bahkan muntah.

4. Kenali penyakit Anda sebelum minum obat tidur

Bila Anda memiliki riwayat penyakit seperti depresi, sleep apnea dan masalah pernapasan mungkin minum obat tidur akan lebih berisiko.

5. Terkait dengan kanker

Suatu studi pernah menghubungkan antara konsumsi obat tidur dengan kematian. Hasilnya menunjukkan, ornag yang sering minum obat tidur risiko terkena kankernya lebih tinggi.

(Fit/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini