Sukses

Coba Sendiri Pijat Kaki Agar Bayi Bisa Cepat Jalan

Pijat kaki bayi akan membantu kelenturan pada persendian pinggul dan lutut agar bayi dapat berjalan.

Berbagai manfaat pijat bayi, juga salah satunya harus dilakukan di kakinya. Karena pijat kaki akan membantu kelenturan pada persendian pinggul dan lutut agar bayi dapat berjalan.

Begitu disampaikan praktisi neurosains terapan, Anne Gracia beberapa waktu lalu. Menurutnya, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam memijat kaki bayi. Berikut ulasannya, seperti ditulis Kamis (27/11/2013):

1. Letakkan ibu jari di pangkal paha dan beri tekanan, tarik ke bawah, lalu lanjut dengan gerakan di paha.

2. Pegang kedua kaki bayi dengan satu tangan dan tepuk-tepuk sepanjang tungkainya dengan tangan yang lain

3. Lakukan gerakan meremas mulai paha hingga lutut. Berikan tekanan dengan gerakan jempol memutar ke arah dalam pada lutut. Teruskan gerak meremas di betis.

4. Lakukan gerakan remas lembut pada telapak kaki dan gunakan jari pada poros sendi telapak kaki.

"Dengan pemijatan di telapak kaki dan jari jemarinya, maka refleks mencengkeram bayi akan hilang. Dan bermanfaat bagi kematangan saraf yang berguna saat proses belajar berjalan," ungkapnya.

5. Sementara bayi telentang, pegang kedua kaki dan lututnya bersama-sama dan tempelkan lutut sampai perutnya.

6. Pegang kedua kaki dan lututnya dan putar dengan gerakan melingkar, ke kiri dan ke kanan, untuk melemaskan pinggulnya. Gerakan ini juga bermanfaat untuk menyembuhkan sakit perut.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.