Sukses

`Baby Spa` Encerkan Otak si Kecil

Saking pentingnya menstimulasi anak, sebaiknya dilakukan sejak dini

Rangsangan otak bagi balita harus dilakukan sejak dini. Ini karena bayi butuh kematangan struktur otak dan sistem saraf yang merupakan kunci sukses tercapainya kecerdasan si kecil di masa belajar atau masa dewasa. Salah satu caranya adalah melakukan baby spa di rumah.

Begitu disampaikan praktisi neurosains terapan, Anne Gracia pada Liputan6.com. Ia mengatakan, perkembangan maksimal otak anak terjadi pada 4 tahun pertama kehidupannya. Dalam periode tersebut, sel-sel otak berkembang dan mencapai 80 persen dari potensinya.

"Untuk pengembangan saraf bahkan stimulasi harus diberikan sejak dalam kandungan. Ada banyak cara menstimulasi anak, salah satu yang penting adalah orangtua melakukan baby spa di rumah agar anak siap belajar nantinya," kata Anne dalam acara Zwitsal Baby Spa: Cara Baru Stimulasi Dini Buah Hati Anda, ditulis Kamis (21/11/2013).

Baby spa menurut Anne merupakan pemberian stimulasi dini dalam ritual perawatan bayi sehari-hari. Bentuk yang diberikan mencakup stimulus taktil (perabaan, belaian dan sentuhan), stimulus visual, stimulus auditori (pendengaran), stimulus vestibular (keseimbangan), stimulus olfaktori (penciuman), stimulus proprioseptif (otot, sendi dan ligament) juga stimulus guastatory (pengecap).

(Fit/Abd)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.