Sukses

Ajari Anak Kreatif Buat Permainan, Bagaimana Caranya?

Meskipun ragam permainan digital lebih banyak jenisnya, karakternya lebih banyak dan menarik, namun mainan anak kreatif tak kalah seru

Di era digital ini, permainan digital makin marak dan sangat digemari anak-anak. Meskipun ragam permainan digital lebih banyak jenisnya, karakternya lebih banyak dan menarik, namun mainan anak kreatif juga ternyata tak kalah seru.

Seperti disampaikan Managing Director PT Faber-Castell International Indonesia, Yandramin Halim, perkembangan teknologi tidak selamanya memberikan pengaruh positif atas kreativitas seorang anak. Ini karena hal tersebut memberikan dampak instan sehingga anak cenderung lebih pasif.

"Mengajari kreativitas pada anak itu bisa dilakukan dengan beragam hal, seperti misalnya mengajari anak membuat kado untuk saudara, nenek, atau orangtua dengan hasil karyanya sendiri. Selain bisa memicu kreativitasnya, anak jadi lebih bangga dengan hasil karyanya sehingga kreativitasnya juga berkembang," kata Halim, seperti ditulis Rabu (20/11/2013).

Menurut Halim, ketika anak-anak mengetahui bahwa sesuatu yang diberi pada orang lain bisa dari usahanya sendiri, anak akan senang karena karyanya dihargai.

"Kreativitas dapat diperoleh dari lingkungan terdekat yakni keluarga dan sekolah. Dengan mengusung permainan seperti menggambar, mewarnai, menyusun atau merakit, bermain peran, membuat prakarya dan bermain di alam bebas dapat mendorong anak jadi lebih kreatif," tambahnya.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini