Sukses

Seduh Teh Pakai Air Dingin Sedang Ngetren

Seduh teh tak melulu harus menggunakan air hangat. Karena saat ini teh dingin sedang populer.

Seduh teh tak melulu harus menggunakan air hangat. Karena saat ini teh dingin sedang populer. Selain segar, teh dingin juga memiliki manfaat kesehatan.

Bahkan seperti disampaikan pendiri komunitas pecinta teh Ratna Soemantri bahwa ia juga sedang mempopulerkan teh dingin.

"Teh dingin itu enak banget. Saya sering menggunakan teh oolong dari Banten. Meskipun cara pembuatannya sedikit lebih lama, tapi enak banget rasanya," kata Ratna, seperti ditulis Minggu (24/11/2013).

Bila Anda tertarik mencobanya, Ratna mengatakan yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan teh ke dalam air dingin. Kemudian simpan di kulkas kira-kira selama 4 jam.

"Agak lama memang. Ini karena kita akan menunggu teh sampai ekstrasi sendiri, tanpa diaduk dan tanpa gula untuk mendapatkan rasa dan warna seperti champagne (sampanye). Kalau sudah jadi, saya juga sering menyajikannya menggunakan gelas champagne," ungkapnya.

Ratna menyampaikan, sebaiknya bila ingin membuat teh dingin, gunakan teh tertentu seperti teh oolong atau teh hijau yang sebaiknya organik.

Sebelumnya menurut penelitian dari University of Maryland Medical center, menemukan bahwa es teh hijau tradisional dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak dengan cepat.

Kombinasi dari teh hijau bersama kafein dan poliphenol dalam teh, memberikan teh hijau memiliki manfaat pembakar lemak sehingga dapat membantu menurunkan atau mempertahankan berat badan.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini