Sukses

Anak Gadis Nggak Mens, Belum Tentu Kista

Masih banyak ibu yang langsung mengklaim anak perempuannya terkena kista, saat tahu mereka belum juga menstruasi untuk pertama kali

Masih banyak ibu yang langsung mengklaim anak perempuannya terkena kista, saat tahu mereka belum juga menstruasi untuk pertama kali di usia 14 sampai 16 tahun.

Padahal, bisa saja anak perempuan itu tidak memiliki organ rahim dan vagina yang membuat darah menstruasinya tidak keluar dengan lancar.

"Anak perempuan tidak juga menstruasi, katanya terkena kista. Padahal anak itu bisa saja tidak memiliki organ rahim atau mulut rahim, yang membuat darahnya tertahan.," kata Spesialis Obstetri Perempuan Rumah Sakit Tambak Menteng, dr. Botefilia Arjunadi, SpOG dalam acara 'Kursus Singkat Persiapan Calon Orang Tua: Persiapan Persalinan Normal atau Operasi', di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Sabtu (16/11/2013).

Dalam ilmu kedokteran, hal semacam ini disebut dengan amenorea, dan tergolong amenorea primer. Biasanya, ini terjadi karena terlambat mengalami pubertas, dan mengalami kegagalan dari fungsi indung telur, Agenesis uterovaginal, tidak tumbuhnya organ rahim dan vagina.

"Maka itu, ketika ini cepat ditangani, darah menstruasinya pun akan berjalan lancar," kata wanita berjilbab ini menjelaskan.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini