Sukses

Rahasia Utama Langgengkan Pernikahan

Tak ada yang ingin ditinggal pasangan saat pernikahan terjalin. Inilah rahasia agar pernikahan langgeng.

Anda yang memutuskan menikah tentu ingin wanita atau pria yang dinikahinya merupakan pasangan seumur hidupnya. Tak ada yang ingin ditinggal pasangan saat pernikahan terjalin. Karena itulah sebelum menikah ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar penikahan langgeng.

Psikolog Klinis dari Universitas Sanata Dharma Heri Widodo MPsi menjelaskan, pernikahan sebenarnya memutuskan untuk melangkah ke jenjang berikutnya dalam tahap perkembangan individu. Keputusan menikah juga bukan hal yang mudah karena ini menyangkut kesiapan psikologis dan kesiapan lainnya seperti ekonomi dan sosial.

"Untuk mampu menjalani pernikahan yang telah diputuskan, dibutuhkan kematangan pribadi. Ini karena keputusan menikah berkaitan dengan komitmen yaitu kesetiaan terhadap pasangan yang dipilihnya tidak hanya untuk saat ini, namun juga untuk masa-masa yang akan datang," kata Heri saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Kamis (14/11/2013).

Namun, jika pribadi tidak matang bisa membuat pasangan buru-buru menarik komitmen segera sesudah menikah tanpa adanya alasan yang dapat dipertanggungjawabkan.

(Mel/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini