Sukses

Inilah Waktu Terbaik Minum Kopi di Pagi Hari

Pakar neuroscience menunjukkan waktu terbaik untuk minum kopi di pagi hari. Jam berapakah?

Saat di kantor Anda mungkin menunggu sampai pertengahan pagi hari untuk minum secangkir kopi pertama Anda. Namun, pakar neuroscience menunjukkan waktu terbaik untuk minum kopi di pagi hari.

Seperti dilansir DailyNews, Senin (11/11/2013), Steven Miller dari Uniformed Services University di Bethesda mengatakan, ada hubungan antara cara kafein berinteraksi dengan hormon yang dikenal sebagai kortisol.

Produksi kortisol yang berhubungan dengan kewaspadaan seseorang mencapai puncaknya antara pukul 08.00 dan 09.00 pagi. Dan hormon akan meningkat lagi pada siang hari dan 13.00, 17.30, serta 18.30.

"Kopi Anda mungkin akan paling efektif jika Anda menikmatinya antara 09.30 dan 11.30, ketika tingkat kortisol jatuh sebelum lonjakan berikutnya," tulis Miller.

Menurutnya, seseorang bisa membangun toleransi terhadap kafein jika selalu minum secangkir kopi ketika tingkat kortisol tinggi.

"Salah satu prinsip utama farmakologi adalah menggunakan obat ketika dibutuhkan," tulisnya.

"Jika tidak, kita dapat mengembangkan toleransi terhadap obat yang diberikan dalam dosis yang sama," katanya.

(Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.