Sukses

Ditemukan, Bagian Tubuh Manusia Baru di Lutut!

Dua ahli bedah Belgia baru-baru ini mengumumkan bahwa keduanya telah menemukan ligamen baru di lutut manusia

Dua ahli bedah Belgia baru-baru ini mengumumkan bahwa keduanya telah menemukan ligamen baru di lutut manusia atau disebut juga ligamentum anterolateral (ALL).

Seperti dilansir Businessinsider, Jumat (8/11/2013) ALL sebelumnya tidak ditemukan pada bagian dari jaringan. Namun seperti dijelaskan dalam Jurnal Anatomi, hal ini pernah disebutkan oleh ahli bedah Prancis Paul Segond pada 1879.

Menurut penelitian, Segond mencatat adanya bagian tubuh lain yang tidak pernah disebutkan yaitu pearly, resistant, fibrous brand. Tapi sampai sekarang, tidak ada deskripsi mengenai anatomi yang jelas dari ketiga hal tersebut.

Steven Claes dan Johan Bellemans dari University of Leuven akhirnya memutuskan untuk melihat teori ini sebagai bagian dari penelitiannya pada cedera ACL, salah satu cedera lutut yang paling umum memengaruhi atlet. Dan para dokter membedah 41 lutut dari mayat manusia dan menemukan ALL pada semua lutut.

Para peneliti berpikir bahwa ALL memengaruhi pergeseran poros lutut sehingga ketika seseorang cedera baru ALL ini terlihat. Namun meskipun ALL ditemukan, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi hipotesis ini. Tapi peneliti percaya, temuan ini bisa membantu pengobatan masa depan.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini