Sukses

Rahasia Sehat Orang India, Mulai Tarian Sampai Karma

Di India, negara yang terkenal dengan budaya tari ini memiliki lima tradisi baik untuk kesehatan diantaranya tarian dan karma.

Setiap negara memiliki tradisi yang berbeda. Terkadang tradisi tersebut tanpa disadari dapat membantu meningkatkan kesehatan. Seperti yang terjadi di India, negara yang terkenal dengan budaya tari dan nyanyi-nyanyian ini memiliki lima tradisi baik untuk kesehatan.

Tradisi-tradisi tersebut telah mempengaruhi cara Barat berpikir dan bertindak untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan warga yang tinggal di sana. Dikutip Bodyandsoul, Jumat (8/11/2013) kelima tradisi tersebut yaitu:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman



1. Pengobatan Ayurvedic

Pengobatan alternatif ini juga ada di Indonesia, seperti yang diketahui pengobatan ini terdiri dari akupuntur, yoga, meditasi dan melibatkan obat-obat herbal yang berdampak positif untuk kesehatan.

Pengobatan ini di India sendiri sudah berusia 5000 tahun dan berdampak positif untuk kesehatan dan keseimbangan energi tubuh.
3 dari 6 halaman



2. Yoga

Pada era 70an yoga mulai dipraktekan di dunia barat, kemudian India pun mulai dikembangkan karena memiliki efek positif untuk kesehatan.

Yoga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan, memperkuat sisitem tubuh serta mengajarkan Anda untuk menghadapi situasi tanpa panik. Dengan melakukan secara rutin, maka emosi negatif dapat terkontrol dengan baik.
4 dari 6 halaman


3. Meditasi

Teknik meditasi di India lebih akrab dikenal dengan tantra yang sudah berusia 5.000 tahun. Meditasi adalah metode relaksasi pikiran dan mengontrol otak agar menimbulkan rasa nyaman dan tenang.
5 dari 6 halaman


4. Tarian Bollywood

Jangan salah kira gerakan dalam film bukan sekadar tarian biasa, namun penduduk India percaya itu dapat meningkatkan kesehatan. Jenis tarian yang paling populer yaitu Bhangra yang berasal dari Punjab, India utara.

Gerakan tarian tersebut melatih tubuh sesuai dengan ketukan irama. Selain meningkatkan kesehatan tubuh, tarian Bollywood menyenangkan pikiran dan membawa aura positif.
6 dari 6 halaman


5. Karma

Dalam bahasa Sansekerta, karma berarti tindakan. Menurut filsafat India, perbuatan baik dan buruk dapat menentukan masa depan atau kehidupan manusia itu sendiri.

Penduduk India percaya dengan adanya karma, karena itu mereka berusaha untuk selalu berpikir dan bertindak positif. Pikiran positif ini mampu meningkatkan kesehatan mereka.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini