Sukses

Hamil Trimester Ketiga Susah Tidur? Waspada Hipertensi

Para calon ibu yang mengalami kesulitan tidur di malam hari ketika usia kehamilan masuk di trimester ketiga, berhati-hatilah.

Para calon ibu yang mengalami kesulitan tidur di malam hari ketika usia kehamilan masuk di trimester ketiga, berhati-hatilah. Bisa jadi Anda mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi).

Untuk itu, Spesialis Kandungan Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (RSCM FK-UI) Dr. dr. Noroyono Wibowo, Sp.OG(K) menganjurkan kepada calon ibu yang mengalami hal seperti ini segera memeriksakan diri ke dokter.

"Harus hati-hati kalau tidak bisa di trimester ketiga. Itu bisa jadi Anda mengalami tekanan darah tinggi," kata Noroyono menjelaskan dalam acara 'Early Life Nutrition Solusi Ibu Hamil Untuk Memenuhi Asupan Gizi', di Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta, ditulis Kamis (7/11/2013)

Ada pun yang dimaksud susah tidur oleh Noroyono antara lain kondisi di mana si ibu benar-benar lelah seharian bekerja dan mengurus rumah tangganya, tapi di malam hari ketika waktu tidur tiba, ia tidak dapat memejamkan mata sama sekali dan hanya bisa uring-uringan di tempat tidur. "Kalau susah tidurnya karena sudah tidur siang cukup lama, itu beda kasus, ya," kata pria berkacamata ini menegaskan.

Lebih lanjut ia mengatakan, kesulitan tidur di malam hari, juga merupakan pertanda awal dari pre-eklampsia. "Maka itu, segeralah ke dokter untuk memastikannya," katanya lagi.

(Adt/Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.