Sukses

Ibu Hamil Ingin Konsumsi Daging & Ikan Mentah, Perhatikan Ini

Ternyata, selama masa kehamilan calon ibu boleh-boleh saja mengonsumsinya dengan catatan memerhatikan beberapa hal ini.

Ibu hamil kerap diwanti-wanti agar tak makan daging atau ikan mentah saat mengandung buah hatinya. Alasannya, bisa membahayakan calon anak yang di kandungnya. Ternyata, selama masa kehamilan calon ibu boleh-boleh saja mengonsumsinya dengan catatan memerhatikan beberapa hal ini.

Menurut Spesialis Kandungan Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (RSCM FK-UI)  Dr. dr. Noroyono Wibowo, Sp.OG(K), bila memang sesekali ingin mengonsumsi daging dan ikan mentah, carilah yang benar-benar fresh dan berasal dari tempat yang tidak sembarangan.

"Sebenarnya yang jadi masalah bukan pada daging atau ikan mentahnya itu. Kalau mau, pilihlah daging sapi dari rumah pemotongan hewan yang benar-benar terakreditasi, bukan dari penjual yang sembarangan di pinggir jalan gitu," kata Noroyono Wibowo dalam acara 'Early Life Nutrition Solusi Ibu Hamil Untuk Memenuhi Asupan Gizi', di Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta, ditulis Kamis (7/11/2013)

Begitu juga dengan ikan mentah. Carilah tempat pemotongan ikan yang benar-benar fresh dan terjamin keamanannya.

Memang, selama masa kehamilan banyak mitos yang singgah ke para calon ibu. Akibatnya, banyak dari wanita itu yang ketakutan ketika akan mengonsumsi sesuatu. Contohnya saja mengonsumsi air es atau es dingin. Banyak dari calon ibu yang mengatakan, bila ia mengonsumsi itu maka anak yang lahir dari rahimnya akan besar. Padahal, yang menjadi masalah bukan dari es atau air dingin itu sendiri, melainkan dari cairan yang tercampur ke dalam gelas berisikan air putih dan es itu sendiri.

(Adt/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini