Sukses

Sudah Sarapan Tapi Jam 11 Lapar Lagi, Waspada Tanda Diabetes!

Apabil sudah sarapan tapi jam 11 siang, Anda sudah kelaparan lagi waspada tanda-tanda diabetes!

Sarapan di pagi hari bisa membuat Anda tak gampang kelaparan di pertengahan pagi hari. Tapi, bagaimana jika sudah sarapan tapi jam 11 siang, perut Anda sudah bergemuruh? Apalagi jika Anda kelebihan berat badan. Apabila seperti ini, waspadalah tanda-tanda diabetes (resistensi insulin atau prekursor diabetes).

Ahli diet Catherine Collins menjelaskan, insulin mengubah gula menjadi energi dalam tubuh. Tapi, jika tubuh Anda resisten dengan hormon, insulin tak bekerja secara efektif sehingga tubuh harus memproduksinya lebih banyak lagi. Gula darah Anda bisa turun sehingga Anda merasa lapar lagi.

"Jika Anda mengalami gejala ini dan gejala lain dari resistensi insulin seperti kenaikan berat badan dan merasa lelah, segera temui dokter dan berusaha menurunkan berat badan. Cara ini bisa menghentikan berkembangnya menjadi diabetes," ujar Collins seperti dikutip Dailymail, Selasa (5/11/2013).

Collins juga mengingatkan, Anda yang senang sarapan roti putih dengan olesan mentega bersama kopi karena banyak mengandung kalori. Selain itu, cara terburuk memulai hari dengan makan sereal yang manis, kue dan roti putih, karena cara itu bisa menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Seperti diketahui, diabetes mellitus itu ada dua tipe. Yakni, diabetes tipe 1 disebabkan oleh tidak cukup atau tidak dihasilkannya insulin dan diabetes tipe 2 yang disebabkan oleh respons yang tidak memadai terhadap insulin yang dilepaskan (resistensi insulin).  Kedua jenis diabetes ini mengakibatkan terlalu banyaknya glukosa yang terdapat di dalam darah.

(Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini