Sukses

Saat Bercinta, Pria atau Wanita yang Banyak Bakar Kalori?

Mungkin banyak dari Anda sudah tahu bahwa bercinta dapat membakar kalori. Tapi pria membakar kalori lebih banyak dibanding wanita.

Studi kecil yang dilakukan di  University of Quebec di Montreal ini sangat mengejutkan. Karena mungkin banyak dari Anda sudah tahu bahwa bercinta dapat membakar kalori. Tapi apakah Anda menyangka bahwa pria ternyata justru membakar kalori lebih banyak dibanding wanita.

Seperti dikutip laman News, Jumat (1/11/2013) studi yang melacak 21 pasangan heteroseksual berusia 18-35 tahun ini diteliti untuk mengetahui seberapa besar kalori yang dikeluarkan saat bercinta.

Tapi sebelum dihitung kalorinya, peneliti meminta semua pasangan untuk menjalani jogging selama 30 menit di treadmill untuk mengetahui ukuran dasar kalori yang dikeluarkan.

Setelah itu peneliti pun meminta semua pasangan untuk pulang dan berhubungan seks dengan menggunakan sensor khusus yang bisa menilai berapa kalori yang terbuang saat bercinta.

Menurut peneliti, sesi seks berlangsung sekitar 25 menit dengan sesi terpendek 10 menit dan terpanjang hampir satu jam. Peneliti menemukan bahwa hampir semua pria mengeluarkan lebih banyak energi daripada wanita. Rata-rata pria membakar 101 kalori (4,2 kalori per menit) ketika berhubungan seks sementara perempuan membakar 69 kalori (3,1 kalori per menit).

Hasil penelitian ini juga dikatakan peneliti membuktikan bahwa untuk membakar kalori, bercinta merupakan cara terbaik dibandingkan berjalan kaki. Karena laki-laki dapat membakar 276 kalori atau 9,2 kalori per menit sementara wanita membakar 213 kalori atau 7,1 kalori setiap menit.

Sebelumnya, biostatistician di University of Alabama di Birmingham, David Allison juga menguji teori 'sexercise' yang menyebutkan bahwa seks lebih baik daripada jalan di treadmill. Dan ia menemukan, seks yang berlangsung selama enam menit, rata-rata membakar 20 kalori atau lebih.

(Fit/Mel)




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini