Sukses

Peneliti Singapura Temukan Senyawa Asing pada Limfoma Asia

Penelitian dilakukan Singapore Lymphoma Study Group menunjukan Enteropathy Associated T-cell lymphoma Tipe ditemukan pada Limfoma Asia.

Para peneliti di Singapura menemukan biomarker (senyawa) asing dalam Limfoma Asia. Limfoma adalah jenis kanker darah yang diakibatkan oleh keabnormalan limfosit kemudian membentuk tumor dan mengganggu sistem kekebalan tubuh.

Tumor-tumor NHL timbul dari limfosit (tipe sel darah putih) yang terdapat dalam organ-organ getah bening seperti kelenjar getah bening, sumsum tulang, amandel dan limpa.

"Limfoma ini dapat timbul baik dari limfosit B atau limfosit T. Mereka dapat terbentuk baik dari sel-sel B atau sel-sel T, dengan limfoma sel B yang terhitung mendekati 90% dari semua NHL," ungkap Dokter Konsultan Onkologi di Oncocare Cancer Center, Singapura, Dr. Kevin Tay dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Kamis (31/10/2013)

Penelitian yang dilakukan Singapore Lymphoma Study Group menunjukan bahwa pada Limfoma sel T yang umum terjadi di Asia ditemukan Enteropathy Associated T-cell lymphoma (EATL) Tipe II.

"Tidak banyak diketahui tentang asal EATL Tipe II, sebagian karena jarangnya tipe limfoma di Barat dan juga kurangnya penelitian dalam bidang ini," tuturnya.

Penemuan tersebut diterbitkan dalam jurnal Leukimia, yang meliputi 60 macam kasus dari Singapura dan Negara-negara Asia lain. Melihat hasil penetian tersebut World Health Organization mempertimbangkan pengklasifikasian ulang EATL Tipe II.

Seperti diketahui umumnya di Barat Limfoma terdapat EATL Tipe 1 yang berkaitan dengan penyakit Celiac. Sedangkan untuk EATL Tipe II ini akan dilakukan penelitian berkelanjutan untuk mencari jalan perkembangan bahan-bahan terapi baru dalam tipe limfoma ini.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini