Sukses

Banyak Diabetesi Tahu Penyakitnya Saat Sudah Parah

Penyandang diabetes di Indonesia banyak tak menyadari ia memiliki penyakit itu masih sangat tinggi. Akibatnya, terlambat ke dokter.

Kebanyakan penderita diabetes baru menyadari penyakitnya ketika sudah lama menderita kondisi yang tidak menyenangkan ini.

Kepala Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo, Dr. dr. Imam Subekti, SpPD-KEMD., mengatakan, cukup banyak pasien penyandang diabetes baru datang ke dokter setelah mengalami banyak penyakit komplikasi, seperti gangguan penglihatan, gangguan ginjal, dan gangguan pembuluh darah. Termasuk pasiennya sendiri yang berobat ke RSCM.

"Padahal penyakit diabetes bukan penyakit yang tiba-tiba saja menyerang seseorang. Biasanya akan diawali dengan beberapa gejala yang mudah dikenali," kata Dr. Imam Subekti dalam acara `Kaki Diabetik, Haruskah Selalu Diamputasi?`, di Hotel Mandarin Oriental, Jakata, ditulis Kamis (31/10/2013).

Semakin parah penyakit yang dialaminya, lanjut Dr Imam, semakin rumit pula proses penyembuhannya yang akan dijalani. Otomatis, biaya yang akan dikeluarkan semakin mahal. Untuk itu ia menyarankan agar segera memeriksakan diri sedini mungkin.

(Adt/Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.