Sukses

AIDS Digital Akan Luruskan Berita `Hoax` HIV AIDS

Situs AIDS Digital baru akan diluncurkan pada 31 Oktober 2013 menjawab berita hoax seputar HIV AIDS.

Situs AIDS Digital baru akan diluncurkan pada 31 Oktober 2013. Laman ini berisi informasi dasar mengenai HIV seperti gejala dan penularannya. Selain itu, juga ada fakta yang menjawab berita hoax yang banyak disebarkan di masyarakat.

Misalnya, ada yang mengatakan bahwa seseorang bisa tertular HIV jika bersalaman atau bersenggolan dengan ODHA. Padahal, anggapan seperti itu salah. Menurut para ahli, HIV dan AIDS menular lewat 3 cairan tubuh, yaitu cairan kelamin, darah, dan air susu ibu (ASI).

Perwakilan Indonesia AIDS Coalition (IAC) sekaligus si pembuat situs AIDS Digital, Aditya Wardhana, mengatakan konten situs itu akan menjawab semua anggapan salah yang selama ini beredar di masyarakat umum.

"Pokoknya segala berita HOAX, akan terjawab dengan benar di situs ini," kata Aditya Wardhana dalam acara 'Launching AIDS Digital dan Tampilan Baru Website Kementerian Kesehatan', di Ruang Maharmarjono, Gedung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kuningan, Jakarta, Senin (28/10/2013)

Ada juga menu layanan HIV. Di sini masyarakat bisa mengakses layanan tes HIV, pemakaian jarum suntik steril, pencegahan penularan dari orangtua ke anak, sampai mengenai metadhon.

Bagi Anda pengguna sistem operasi seperti Android, iOS, dan BlackBerry, nantinya juga disediakan versi mobile yang dapat diunduh di Apple Store, Blackberry 10 App World, dan Google Play.

(Adt/Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.