Sukses

Fakta Bercinta Usai Melahirkan: Waspada Kekeringan Miss V

Dr Lauren Streicher menyampaikan 5 fakta bercinta pasca melahirkan

Meskipun setelah melahirkan, biasanya wanita akan diberi waktu untuk boleh kembali melakukan aktivitas seksual setelah 40 hari usai melahirkan normal dan sekitar 2 minggu usai melahirkan caesar, tapi Anda perlu mewaspadai lima hal berikut.

Seperti dilansir Huffingtonpost, Sabtu (26/10/2013) profesor kebidanan dan ginekologi di Northwestern University dan penulis 'Love Sex', Dr Lauren Streicher menyampaikan 5 fakta bercinta pasca melahirkan, seperti berikut ini:

1. Wanita masih bisa masturbasi

Sebuah studi 2012 menemukan bahwa wanita cenderung melakukan seks oral pada pasangannya hingga masturbasi sebelum merasa siap untuk melakukan hubungan intim atau menerima seks oral sendiri pasca melahirlan.

Dalam penetilian tersebut, sekitar 40 persen wanita dilaporkan mastrubasi dalam beberapa minggu pertama setelah memiliki bayi. Pada akhir tiga bulan pertama, 85 persen mengatakan wanita akan mulai mencoba melakukan hubungan lagi. Tapi Streicher mengatakan bahwa data menunjukkan ada banyak wanita yang tidak benar-benar menikmatinya bila terburu-buru bercinta. Dengan demikian, Streicher menyarankan untuk Anda agar bercinta setelah enam minggu pasca melahirkan.

2. Mr. P bisa merasakan bersentuhan dengan rahim

Bila ini terjadi, Buehler menyarankan untuk mengambil istirahat atau sekedar minum secangkir teh atau mandi. Ini akan membantu membuat pasangan merasa lebih reseptif terhadap sentuhan pasangan mereka .

3. Miss V kering

Streicher mengatakan hal inilah yang paling sering dialami saat bercinta pasca melahirkan. Ia mengatakan, hal itu dapat menyebabkan rasa sakit saat melakukan aktivitas seksual. Kekeringan ini adalah akibat dari kurangnya estrogen, terutama saat wanita sedang menyusui.

Bila perlu, sebuah pelumas mungkin akan sangat membantu. Tetapi jika kekeringan terus berlanjut, Streicher menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

4. Jangan paksa bila belum siap

Pasca-melahirkan, wanita juga cenderung kehilangan urin saat aktivitas seksual. Tapi Kebanyakan wanita sering tidak diberitahu tentang hal itu. Padahal menurut Streicher, bagi banyak wanita, kebocoran urin ( saat berhubungan seks atau sebaliknya ) biasanya hanya terjadi dalam hitungan minggu atau bulan karena itu terapi fisik dasar panggul mungkin diperlukan. Atau latihan kegel juga akan membuat lebih baik.

5. Cepat lelah

Penelitian menunjukkan bahwa memiliki anak akan memengaruhi hasrat seksual pasangan. Sederhananya, pasca melahirkan, wanita atau pria akan mudah mengalami kelelahan, stres dan kurangnya waktu.

(Fit/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini