Sukses

Ngebet Merokok Tapi Dilarang, Begini Cara Mengatasi!

Perokok yang berniat berhenti merokok selalu menghadapi godaan hasrat yang sangat menyiksa

Perokok yang berniat berhenti merokok selalu menghadapi godaan hasrat yang sangat menyiksa, terutama di tempat-tempat yang penuh dengan orang merokok seperti di bar, di tempat makan siang, dan di ruang-ruang bebas merokok lain. Tapi trik sederhana yang dilansir Health Scout Sabtu (26/10/2013) berikut ini diyakini dapat menjadi jurus jitu untuk menangkal kecanduan nikotin.

Para periset di University of Miami, AS, tulis majalah itu, mengajarkan  pada sepuluh orang yang berniat berhenti merokok untuk melakukan serangkaian gerak memijat pada diri sendiri. Pijatan itu dilakukan setiap kali hasrat ingin merokok muncul.

Pertama, mereka diminta langsung mengurut kedua tangan mereka bila hasrat itu muncul. Berikutnya mereka diminta menggosok-gosokkan kulit antara jari tengah dengan ibu jari; lalu setelah itu meremas-remas daun telinga sendiri.
Bila dilakukan di depan umum, gerakan seperti itu memang bisa mengundang perhatian.

Tapi hasilnya, dalam satu bulan pertama mereka berhasil mengurangi rokok hingga 25 persen lebih sedikit, itu jika dibanding dengan10 orang yang berniat berhenti merokok tapi menggunakan metode mengalihkan perhatian yang lebih tradisional, seperti mengunyah permen.

Menurut Maria Hernandez-Reif, Ph.D. salah satu ahli yang ikut mengembangkan teknik itu, segera memijat diri sendiri saat hasrat merokok muncul akan langsung membuat diri kita tenang, menambah semangat untuk bertahan dan setidaknya membuat tangan kita sibuk. Cobalah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini