Sukses

Selain Menenangkan, Musik Juga Mengurangi Rasa Sakit

Empat dari sepuluh penderita sakit fisik terus menerus mengaku dengan mendengarkan musik dapat membantu meringankan gejala sakit mereka.

Sudah banyak yang tahu musik dapat menenangkan jiwa yang gelisah. Kini ternyata keharmonisan irama ini juga dapat mengurangi rasa sakit fisik. Empat dari sepuluh orang yang menderita sakit fisik terus menerus mengaku dengan mendengarkan musik dapat membantu meringankan gejala sakit tulang mereka.

Menurut survei yang dilakukan LlyodsPharmacy di Inggris, musik pop dapat membantu kesehatan masyarakat sebanyak 21 persen, kemudian di posisi kedua ditempati musik klasik yakni 17 persen,diikuti rock atau musik indie sebanyak 16 persen. Survei ini melibatkan 1.500 orang usia 16 sampai 25 tahun, dan dari pertanyaan yang diberikan diketahui lagu yang paling membantu meredakan sakit yaitu alunan musik dari Simon dan Garfunkel, Robbie Williams dan Elton Jhon.

"Orang sakit harus mencoba menemukan beberapa aktivitas dan dengan mendengarkan musik dapat membantu meningkatkan kesehatan, dan tidak hanya mental tetapi fisik dapat diobati dengan musik. Dengan tubuh yang rileks maka rasa sakit tidak akan terasa" kata David Bradshaw dari University of Utah Pain Management Centre dikutip Dailymail, Kamis (24/10/2013).

Apoteker dari LloydsPharmacy, Andrew Mawhinney mengatakan perubahan gaya hidup seperti olahraga dan relaksasi dengan musik dapat membantu meringankan rasa sakit.

"Setelah melakukan survei dengan pertanyaan-pertanyaan manfaat musik untuk kesehatan, ternyata musik itu menguntungkan tidak hanya fisik, rasa gelisah dapat terobati dengan musik," tuturnya.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.