Sukses

Mood Buruk? Jangan Ragu Angkat Beban

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh sebuah universitas di Wisconsin, AS, memperlihatkan, sesi angkat beban sanggup memulihkan mood

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh sebuah universitas di  Wisconsin, AS, memperlihatkan, sesi angkat beban sanggup memulihkan mood atau suasana hati yang  sedang jelek.

Tapi menurut penelitian yang dikutip Men's Health Selasa (22/10/2013) itu, mengangkat dengan beban yang tidak terlalu berat justru lebih baik ketimbang dengan beban yang berat.  

Dalam penelitian tersebut, periset membagi 84 orang ke dalam tiga kelompok. Kelompok pertama diikutkan dalam sesi angkat beban selama 30 menit dengan beban 80 persen dari kekuatan maksimal mereka. Kelompok kedua dengan beban 50 persen. Sedang kelompok ketiga hanya diminta melihat video latihan olahraga saja.

Dari sesi itu diketahui, hanya mereka yang berolahraga dengan beban sedang  saja yang sanggup memulihkan mood buruknya.

Mereka mengaku bahwa rasa marah, rasa tegang dan depresi  yang mereka rasakan turun hingga 50 persen. "Penelitian lanjutan perlu dilakukan untuk menjawab, mengapa angkat beban dapat meningkatkan semangat," kata para peneliti.

(Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini