Sukses

Kenapa Prostat Intai Pria-pria Berkulit Gelap?

Penelitian di Inggris belum lama ini menyebutkan bahwa satu dari empat laki-laki berkulit gelap berisiko dua kali lipat kanker prostat

Sebuah penelitian di Inggris belum lama ini menyebutkan bahwa satu dari empat laki-laki berkulit gelap berisiko dua kali lipat kanker prostat dibandingkan pria berkulit biasa.

Seperti ditulis Dailymail, Kamis (17/10/2013) saat ini ada lebih dari seperempat juta orang yang hidup dengan penyakit ini. Dan setiap tahunnya ada lebih dari 10.000 pria meninggal akibat penyakit ini.

Orang Afrika yang tinggal di Inggris, Cordwell Thomas mengatakan, penelitian ini seperti alarm (wake-up call) untuk laki-laki berkulit gelap tentang bahaya atau potensi kanker prostat," ungkapnya.

Thomas mengatakan banyak ahli kesehatan yang bahkan tidak menyadari kalau pria berkulit gelap sangat berisiko kanker prostat. Terlebih lagi, orang berkulit gelap sering tidak rutin melakukan perawatan kesehatan.

"Maka itu menurut saya, pria berusia di atas 50 wajib untuk tes kanker prostat sekalipun ia tidak memiliki gejala," ujarnya.

Di lain pihak, mantan atlet sepakbola, Mark Bright mengatakan bahwa penelitian ini juga merupakan peringatan baginya dan teman-temannya di atas usia 50 tahun.

"Jika Anda seorang pria kulit hitam dan berusia lebih dari 50 tahun, mungkin ada baiknya berbicara dengan dokter atau hubungi call center yang bisa membantu Anda mendapatkan informasi seputar kanker prostat," tambahnya.

(Fit/Abd)




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini