Sukses

Mau Bisa Hamil? Coba Hindari Ini!

Jika Anda sulit memiliki buah hati, mungkin ada baiknya untuk menghindari kebiasaan berikut

Kesulitan memiliki buah hati mungkin merupakan proses emosional yang sering membuat pasangan merasa di luar kendali. Memang kita perlu menelisik masalahnya karena ada banyak faktor yang bisa memengaruhi sulitnya punya anak. Bahkan 'resep' satu sama lain pun bisa jadi berbeda. Tapi ada beberapa hal yang mungkin dapat Anda coba, seperti dilansir Yourtango, Selasa (15/10/2013) berikut ini meski ini bukan faktor mutlak:

1. Tidak merokok

Merokok akan membuat seorang wanita sulit untuk hamil. tak hanya itu, merokok juga telah dikaitkan dengan risiko keguguran. Maka itu wanita hamil sangat disarankan untuk berhenti merokok. Karena seperti ditulis CDC (Pusat Pengendalian Penyakit Amerika), selain dapat merusak plasenta, asap rokok juga akan memengaruhi cacat lahir pada bayi.

2. Jangan minum alkohol

Beberapa penelitian telah menunjukkan hubungan antara konsumsi alkohol dan keguguran pada awal kehamilan.

3. Kurangi kafein

Dalam hal ini yang perlu Anda lakukan adalah membatasi asupan kafein. Maksimal jika Anda ingin sekali, usahakan sehari hanya minum dua cangkir.

4. Konsumsi Ibuprofen

Menurut ahli endokrinologi reproduksi dari Orlando Center for Reproductive Medicine di Orlando, Florida, Dr Sejal Dharia Patel, Ibuprofen biasanya dianjurkan pada minggu-minggu awal kehamilan namun ada beberapa dokter yang akan menyarankan untuk menghindarinya.

"Ibupfofen bersifat anti -inflamasi dan saya pasti berpikir Anda harus menghindari ibuprofen hingga waktu ovulasi. Selain obat ini tentu ada obat lain sebenarnya yang tidak dianjurkan. Tapi ini berhubungan dengan kondisi wanita dan bayi. Maka itu disarankan untuk mendiskusikan menganai risiko atau manfaat obat-obatan sebelum dikonsumsi," kata Patel.

(Fit/Abd)





* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.