Sukses

Bunda, Jauhkan Antibiotik Ketika Anak Terserang Flu, ya!

Ketika si anak terserang suatu penyakit, misalnya saja influenza (flu), masih ada orangtua yang memberikan antibiotik yang tidak perlu.

Banyak orangtua yang masih salah dalam hal pemberian antibiotik kepada anaknya. Ketika si anak terserang suatu penyakit, misalnya saja influenza (flu), masih ada orangtua yang memberikan antibiotik yang sebenarnya itu tidak diperlukan.

Dalam sebuah talkshow yang diadakan di Social Media Festival 2013, dr. Fransisca Handy, SpA, IBCLC, perwakilan dari komunitas Milis Sehat mengatakan, alasan mengapa antibiotik tidak perlu diberikan kepada anak yang terserang flu, karena flu disebabkan oleh virus RNA dari famili Orthomyxoviridae (virus influenza), bukan karena adanya infeksi bakteri.

"Ketika anak terserang flu, dan orangtua memberikan antibiotik, yang dibunuh oleh antibiotik itu justru bakteri baik yang ada di dalam tubuh si anak, bukan bakteri jahat. Sebab ketika flu, bakteri jahatnya tidak ada, karena flu itu sendiri disebabkan oleh virus," ujar Fransisca, ditulis Senin (14/10/2013)

Wanita yang juga bertugas di Rumah Sakit Pondok Indah Puri Indah dan Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan (FK-UPH) ini melanjutkan, penting untuk orangtua mengetahui bahwa antibiotik itu bertugas membunuh bakteri yang ada di dalam tubuh, bukan membunuh virus. "Sedangkan yang sering terjadi baik pada anak dan dewasa adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, bukan karena bakteri," imbuh dia.

Dikatakan oleh Fransisca, sejatinya virus dan bakteri adalah dua hal yang sangat berbeda. Sedangkan antibiotik itu sendiri, tidak bisa untuk membunuh virus. Maka itu, orangtua harus memahami benar indikasi yang terjadi pada anaknya, apakah itu disebabkan oleh virus atau bakteri.

"Kalau kita (para orangtua) tidak tepat dalam pemberian antibiotik, atau dengan kata lain tidak di saat adanya infeksi bakteri, maka yang dibunuh adalah bakteri baik yang ada di dalam tubuh," terangnya.

(Adt/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.