Sukses

Agar Sperma Sehat dan `Tokcer`

Meski sering sulit diakui, sperma tak sehat ganggu kesuburan. Apa saja yang harus dilakukan agar sperma sehat

Bernie Zilbergeld, PhD, terapis seks dan pengarang buku The New Male Sexuality seperti ditulis Selasa, (8/10/2013) menyebutkan, seringkali kegagalan mendapatkan buah hati terjadi karena banyak hal. Umumnya, bukan karena kesalahan si wanita atau prianya yang kurang pandai bercinta. 

Salah satu masalah biasanya karena kondisi sperma yang kurang sehat meski para pria kerap kali tidak mau mengakuinya. Sebab itu, meski agak sulit mengetahui apakah sperma sehat alias tokcer (manjur) kecuali lewat uji laboratorium, setidaknya beberapa hal berikut ini bisa membantu kita untuk menjaga agar sperma tetap berkualitas;

1. Berhentilah merokok

2. Berhentilah minum alkohol berlebihan

3. Jangan menggunakan celana dalam terlalu ketat. Carilah yang sedikit longgar dan hindari mandi dengan air terlalu panas supaya testikel Anda tetap dingin.

4. Tetap asup multivitamin sebagai antioksidan misalnya vitamin C, E, dan beta karoten. Bisa juga dengan banyak mengasup buah dan sayuran. Baik juga bila Anda minum multivitamin yang mengandung zinc sebanyak 20 mg setiap hari.

5. Hindari stres berkepanjangan. Sisihkan waktu Anda untuk bermeditasi, menyendiri dan menikmati hidup Anda sendiri tanpa ada gangguan apa pun entah itu musik, film, televisi, dan lain-lain.

6. Yakinkan diri bahwa minuman yang Anda asup aman terhadap berbagai bahan kimia yang bisa meracuni tubuh. Batasi asupan minuman ringan.

7. Batasi makanan berlemak. Jangan berlebihan mengasupnya tanpa imbangan serat.

(Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini