Sukses

Makanan yang Bikin Gigi Bolong

Ada beberapa makanan yang sangat berbahaya di gigi dan ini bisa menyebabkan beberapa masalah seperti gigi bolong.

Ada beberapa makanan yang sangat berbahaya di gigi dan ini bisa menyebabkan beberapa masalah. Makanan tersebut umumnya yang sering dikonsumsi sehari-hari tanpa harus berpikir. Padahal, efeknya bisa membuat gigi bolong.

Dokter Gigi Kosmetik Dr Mukul Dabholkar, mengatakan bahwa beberapa makanan bisa menyebabkan erosi enamel yang bisa membuat gigi peka terhadap panas, dingin, manis, dan asam.

Memang, saat ini ada pasta gigi yang menekan sensitivitas gigi. Tapi jika kerusakan enamel gigi memburuk, gigi menjadi keropos dalam waktu tertentu dan gigi Anda jadi bolong.

Faktanya, sekali gigi kita rusak, tak ada obat yang bisa membawa kita ke dalam keadaan sehat alami.

Dokter Gigi Aesthetic, Dr Karishma Jaradi, mengatakan bahwa jika seseorang tak bisa berhenti dari makanan ini, Anda harus menyikat gigi dan berkumur secara menyeluruh. Bunakan benang untuk membersihkan makanan di antara gigi.

Kunjungi dokter gigi secara rutin bisa mengontrol kerusakan pada gigi.

"Prinsip utama untuk melindungi gigi Anda adalah gula harus tinggal di mulut Anda sesingkat mungkin," kata Dr Dabholkar.

Berikut makanan yang harus dihindari seperti dikutip ToI, Sabtu (28/9/2013):

1. Permen, karamel

Permen menempel dan berpegang teguh di permukaan gigi dan membutuhkan waktu yang lama untuk membersihkannya. Itu sangat berbahaya.

2. Makanan asam

Jika Anda berpikir lemon sebagai obat pemutih gigi, Anda perlu memikirkannya lagi. Ini sangat berbahaya dan setelah makan jeruk, lemon, tomat, gigi harus dibilas secara menyeluruh.

3. Pil yang dikunyah

Obat yang dikunyah memiliki asam pekat yang membahayakan gigi karena melekat. Bahkan minuman kesehatan dan air vitamin buruk bagi kesehatan gigi.

4. Makanan bertepung

Keripik kentang , roti putih , pizza , pasta dan burger dapat dengan mudah menempel di antara gigi dan di celah-celah antara dua gigi. Memang makanan ini tak manis, tapi pati di dalam makanan itu segera mengkonversi menjadi gula karena proses di mulut.

5. Soda dan minuman energi

Minuman manis seperti minuman berkarbonasi, minuman olahraga sangat buruk untuk gigi jika seseorang minumnya secara teratur.

Menyeruput minuman manis yang terus menerus selama berjam-jam juga sangat berbahaya, lebih baik minum semuanya sekaligus.

6. Buah kering

Buah-buahan kering bisa berbahaya pada gigi kita karena kandungan gula pekat dan lengket. Contohnya kismis kering, plum, dan aprikot.

(Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini