Sukses

Rokok dan Makanan Manis, Sama-sama Berbahaya!

Sudah saatnya untuk saling mengingatkan bahwa tidak hanya rokok yang berbahaya, tapi makanan dan minuman manis pun memiliki bahaya yang sama

Bila selama ini kebanyakan orang sering mengingatkan bahaya rokok, sekarang sudah saatnya untuk saling mengingatkan bahwa tidak hanya rokok yang berbahaya, tapi makanan dan minuman manis pun memiliki bahaya yang hampir sama seperti rokok.

Menurut seorang ahli kesehatan terkemuka di Belanda, Paul Van Der Velpen mengatakan, makanan dan minuman manis harus mendapat peringatan kesehatan yang sama seperti halnya rokok. Paul mengungkapkan, bahwa gula ada zat adiktif yang paling berbahaya saat ini.

Hal senada pun diungkapkan kepala badan kesehatan dari sebuah kota kecil di London yang terkenal dengan pengonsumsi ganja terbanyak. Ia mengatakan, bahwa gula ada `obat` yang mampu membuat orang ketagihan layaknya alkohol dan tembakau.

Untuk itu, ia menghimbau kepada semua orang yang rutin mengonsumsi gula, untuk dibuat sadar akan bahaya makanan dan minuman manis ini.

"Ini mungkin terlihat berlebihan dan mengada-ada. Tapi, gula adalah obat yang paling berbahaya saat ini, dan mudah untuk mendapatkannya," kata Paul, seperti dikutip Daily Mail, Kamis (19/9/2013)

Lebih lanjut Paul mengatakan, sama halnya seperti label yang ada dirokok, di minuman ringan dan produk manis harus dibuat peringatan bahwa gula sangat adiktif dan buruk bagi kesehatan.

"Akibatnya, orang menjadi kelebihan berat badan. Obesitas dapat ditangani dengan cara mendorong pelaku untuk berolahraga. Tapi, diet sehat akan mengubah masyarakat jauh lebih efektif," tambah dia.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini