Sukses

Asian Diet, Dietnya Orang Asia yang Digemari Negara Barat

Lebih dari 43 negara mengikuti diet Asia ini. Dan hampir setengah populasi dunia percaya bahwa diet Asia penting dari kehidupan sehari-hari

Diet Asia dipercaya merupakan cara makan orang Asia sejak zaman kuno. Hampir sama dengan diet mediterania, diet jenis ini sudah ada selama ribuan tahun dan terfokus pada makanan nabati seperti nasi, sayur, buah-buahan segar dam ikan.

Lebih detailnya, berikut ulasan diet Asia, seperti dilasir Diet, Rabu (18/9/2013)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman


Deskripsi

Lebih dari 43 negara mengikuti diet Asia ini. Dan hampir setengah populasi dunia percaya bahwa diet Asia merupakan bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Diet ini didasarkan pada makanan segar yang disiapkan terutama sayuran mentah, dikukus, ditumis dan digoreng.

Antioksidan adalah kunci penting dari diet ini. Selain itu, kategori vitamin dan mineral juga penting karena dapat membantu mencegah kerusakan sel tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas.

Antioksidan diyakini bisa mengurangi dampak negatif dari radikal bebas dan mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung.

Selain itu, diet Asia juga mementingkan serat dalam buah-buahan dan sayuran. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa serat dalam diet dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker usus besar. Untuk itu, banyak peneliti percaya diet ini sangat sehat.

Secara umum, diet Asia tidak diukur dalam ukuran porsi yang tepat, melainkan pedoman untuk total kalori harian. Daripada menahan lapar, pola makan Asia menunjukkan keseimbangan. Kalori harian yang mesti dicapai sekitar 1200-1400 per hari.

3 dari 4 halaman


Jenis utama diet Asia:

1. East Asian Food (Makanan Asia Timur): Cina, Jepang, dan Korea

Cina adalah negara terbesar di dunia dan banyak memiliki masakan berbeda. Meskipun Cina berada di pertengahan Asia tapi makanan Cina dianggap sebagai keseluruhan makanan Asia Tenggara. Selain makan nasi, mie juga jadi pilhan makanannya.

Sementara Jepang menggunakan ikan dan bahan-bahan yang berbasis ikan untuk menu utama, sayuran di Jepang juga diolah. Seperti tahu, kecap dan pasta kedelai diolahnya menjadi miso (sup tahu) yang digunakan dalam berbagai hidangan. Makanan Jepang juga mencakup nasi, sayuran dan lauk yang digulung seperti sushi atau daging yang dimasak seperti teriyaki, atau udang yang digoreng yang disebut tempura.

Makanan Korea sepertinya mendapatkan pengaruh dari Cina dan Jepang, namun memiliki rasa yang berbeda sendiri termasuk kecap, bawang putih, jahe, cabai, dan biji wijen sebagai rempah-rempah dan makanan. Makanan tradisional Korea dalam hidangan sayuran disebut kimchi terbuat dari parutan sayuran, bawang putih, cabai dan jahe.

2. Asia Tenggara: Vietnam, Filipina , Malaysia , Indonesia dan Singapura

Tidak seperti diet Asia lainnya, di Filiphina, daging sangat penting. Daging Favorit termasuk babi, sapi, ayam, dan kerbau adalah maknaan favorit orang pedesaan. Sementara nasi dan mie disajikan dengan sayuran seperti brokoli, pare, kacang hijau, tauge, dan kacang.

Malaysia dan Singapura memiliki masakan pedas yang terpengaruh oleh masakan China dan India. Makanan tradisional termasuk kebab atau disebut Satays yang disajikan dengan saus kacang pedas. Kari adalah rempah-rempah favorit yang dicampur dengan daging dan bumbu-bumbu.

Indonesia juga sedikitnya terpengaruh oleh masakan Cina dan Barat. Namun Indonesia memiliki keunikan sendiri. Masakan Indonesia populer misalnya rendang. Sementara makanan sehat yang dianggap para ahli gizi baik untuk diet adalah gado-gado.
4 dari 4 halaman


Makanan harian yang disarankan meliputi:

1. Nasi dan Roti

Nasi adalah makanan yang dimakan setiap hari. Makanan utama lainnya seperti mi, jagung, roti juga kentang dan sereal .

2. Sayur

Banyak sayuran segar yang dimakan setiap hari dan dalam jumlah besar seperti wortel, kubis, sayuran berdaun hijau, bawang, dan banyak lainnya.

3. Buah

Banyak buah dimakan mentah.

4. Kacang-kacangan

Dalam diet Asia, kacang-kacangan atau biji-bijian menyediakan sumber utama protein. Kacang kedelai dalam berbagai bentuk seperti tahu, susu kedelai digunakan hampir setiap hari. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga memainkan peran penting dalam diet karena mengandung protein dan mineral yang tinggi.

5. Minyak Nabati

Lemak esensial berasal dari minyak nabati yang digunakan dalam memasak. Tapi produk susu bukan merupakan bagian dari diet Asia. Jika susu disertakan pada makanan sehari-hari, harus rendah lemak.

6. Ikan

Ikan adalah makanan pokok di diet Asia. Ikan adalah makanan yang sangat sehat yang dapat mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

Pada dasarnya, diet Asia dipengaruhi oleh budaya, agama, dan pertanian. Tapi sudah banyak penelitian telah menunjukkan bahwa cara makan orang Asia sangat sehat. Rendah lemak, tinggi serat dan penuh buah-buahan dan sayuran segar adalah rahasia untuk hidup panjang dan sehat .

(Fit/Igw/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.