Sukses

Bayi Perempuan Lahir dengan 50 Persen Tanda Lahir di Tubuhnya

Bayi perempuan berusia 6 bulan memiliki tanda lahir yang menutupi sebagian besar wajah dan tubuhnya.

Bayi perempuan berusia 6 bulan memiliki tanda lahir yang menutupi sebagian besar wajah dan tubuhnya. Tanda lahir itu seperti tahi lalat besar berwarna hitam dan berbulu.

Orangtua gadis kecil bernama Wang Zinyan itu juga sudah berusaha berbagai cara agar dokter bisa mengatasi masalah yang dialami anaknya. Namun, kedua orangtua Zinyan harus bersabar.

"Para dokter mengatakan putri saya terlalu muda untuk menjalani prosedur. Mereka mengatakan kami harus menunggu sampai dia lebih besar," kata ayah bocah itu, Wang Libin, seperti dikutip ChinaDaily, Selasa (17/9/2013).

Tanda lahir Xinyan menutupi 50 persen dari kulit gadis itu. Tanda lahir itu besar, berwarna hitam dan berbulu. Dokter di kampung halaman orangtuanya menyebut tanda lahir tersebut sebagai Nevi hitam raksasa, gangguan genetik langka. Kedua orangtuanya juga disarankan membawa putrinya ke kota besar untuk pengobatan.

Apa yang dialami keluarga bocah itu ternyata mendapat perhatian dari netizen relawan. Ia meminta bantuan melalui online dan menarik perhatian publik.

"Kami telah menghubungi selusin dokter dari rumah sakit utama Shanghai dan mereka telah memberikan pendapat mereka dan rencana pengobatan gadis kecil itu," kata Wu Jun, seorang netizen di Shanghai.

Wu mengumpulkan informasi dari beberapa dokter dan membagikannya di media. Menurut Wu, dokter di beberapa rumah sakit di Shanghai, Nevi besar yang dialami gadis kecil itu bisa hilang melalui kombinasi pencangkokan kulit dan bedah laser.

"Seluruh prosedur akan bertahap selama beberapa tahun, tapi bayi masih terlalu muda . Dokter menyarankan memulai pengobatan ketika dia berusia 2 tahun," kata Wu.

Dokter menjelaskan, Nevi berbulu merupakan tipe tahi lalat saat lahir yang akan terus tumbuh. Sekitar 50 persen Nevi berbulu mengembangkan rambut kasar dan beberapa berubah menjadi melanoma ganas.

Tahun lalu, seorang pria berusia 32 tahun dari Chongqing mengimbau kepada dokter untuk membantu dalam menyingkirkan tahi lalat hitam besar di tubuhnya .

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.