Sukses

Anak Orang Kaya Juga Ada Lho yang Kekurangan Gizi!

Meskipun masalah kurang gizi paling banyak dialami oleh orang miskin, tapi bukan berarti anak orang kaya juga gizinya baik.

Meskipun masalah kurang gizi banyak dialami oleh orang yang kurang mampu, tapi bukan berarti anak orang kaya juga gizinya baik.

Seperti dikatakan Guru Besar Departemen gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia IPB Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS. menurutnya, anak orang kaya bisa kekurangan gizi atau biasanya anak tersebut mengalami defisiensi zat mikro (kekurangan vitamin dan mineral).

Kekurangan zat mikro dikatakan Hardinsyah akan membuat anemia, rabun senja, gondik dan gangguan hormonal dan kerapuhan tulang

"Bisa jadi anak orang kaya yang kurang gizi kelihatannya normal badannya. Tapi ia tidak menerima nutrisi baik dari makanan. Tapi ini bisa dilihat misalnya, jika ia cepat kenyang dan malas makan. Biasanya ia makan manis sebelum makan. tentu dengan begitu ia tidak mendapat nutrisi karena ia jadi makan sedikit atau tidak makan sama sekali," kata Hardinsyah, ditulis Jumat (6/9/2013).

Menurut Hardinsyah, ciri-ciri anak yang bergizi baik seperti bertambah umur, bertambah berat dan tinggi, kulit dan rambut tidak kusam, tampak energik dan ceria, dan kreatif.

Sebaliknya, Hardinsyah mengatakan bahwa anak yang gizi buruk akan lemah, mudah mengantuk, kurang aktif, mudah sakit, sulit konsentrasi, gangguan keceradasan, gangguan pertumbuhan fisik (kurus pendek).

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.