Sukses

Kaget Infeksi H7N7 pada Warganya, Italia Musnahkan Ribuan Burung

Kaget dengan munculnya kasus infeksi virus H7N7 pada manusia, Pemerintah Italia musnahkan ribuan burung

Empat kejadian infeksi virus flu H7N7 dikonfirmasi di Italia sejak pertengahan Agustus tahun ini. Tak ingin menyebarluas, Pemerintah Italia akhirnya mengambil kebijakan dengan memusnahkan ribuan burung untuk mencegah penyebaran virus yang tergolong highy pathogenic atau mudah menular.

Kali ini, Kementrian Kesehatan bahkan melaporkan adanya kasus infeksi pada manusia akibat H7N7 di kalangan pekerja di industri peternakan.

"Institut Kesehatan Nasional telah mencatat adanya virus influenza H7N7 pada seseorang yang mengalami conjunctivitis dan telah terpapar burung yang sedang sakit milik salah satu peternakan di sebuah wilayah, Emilia Romagna. virus H7N7 tidak mudah berpindah ke manusia kecuali bila dalam kondisi tertentu manusia tersebut langsung melakukan kontak dengan binatang, burung yang mati atau sedang sakit." jelas Kementrian Kesehatan dalam satu pernyataan seperti dikutip dari theglobaldispatch, Rabu (4/9/2013).

Tidak seperti virus-virus avian lain seperti H7N9 atau H5N1, H7N7 menurut Kementrian ini cenderung menyebabkan gejala yang penyakit yang tidak berat atau sedang seperti conjungtivitis yang pernah diamati dalam kasus wabah jenis ini pada manusia beberapa tahun lalu di Belanda.

Karena jarang menular antarmanusia, wabah cenderung tidak menyebar luas sehingga rsiko menular di antara komunitas manusia sangat rendah.

"Wilayah Emilia Romagna bekerjasama dengan Kementrian Kesehatan sedang mencoba mengidentifikasi jangkitan baru pada hewan ini dan sudah melakukan seluruh prosedur yang diperlukan untuk tetap mengawasi dan mengontrol situasi," jelas pihak kementrian.

Empat wabah muncul tahun ini sejak kejadian HPAI di Italia pada tahun 2000.

(Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.