Sukses

Seks & Terlalu Pelit Bisa Jadi Penyebab Orang Nggak Mood

Ada beberapa alasan lain yang bisa membuat orang mengalami bad mood yang tak pernah dikira-kira.

Stres, uang, atau hubungan yang mengkhawatirkan disebut-sebut bisa menyebabkan orang menjadi depresi. Padahal, ada beberapa alasan lain yang bisa membuat orang bad mood yang tak pernah dikira-kira.

Berikut beberapa alasan yang membuat Anda merasa sedih seperti dikutip News.au, Rabu (4/9/2013):

1. Malam yang bergairah

Seks mungkin menyenangkan, tapi setelahnya bisa membuat sedih. Sebuah survei terhadap lebih dari 200 wanita Australia menemukan, sepertiganya mengalami kesedihan sesudah bercinta.

Psikiater dari Weill Cornell Medical College di New York, Richard Friedman, mengobati pasiennya dengan menggunakan antidepresan yang meningkatkan kadar kimia serotonin yang membuat merasa lebih baik di otak.

2. Tak makan daging merah

Jika Anda mengurangi burger dengan alasan kesehatan, kekurangan zat besi bisa membuat Anda murung. Ini nutrisi kunci yang sangat penting untuk pembentukan hemoglobin di sel darah merah dan transportasi oksigen ke seluruh tubuh.

"Ini membantu oksigenat semua organ utama Anda, jadi jika Anda kekurangan zat besi, Anda merasa lelah dan lesu, yang dapat berdampak pada gaya hidup Anda, mencegah Anda bersosialisasi dan memengaruhi suasana hati Anda," kata, Ahli Diet dan Juru Bicara NHS untuk British Dietetic Association, Alana MacDonald.

Seorang wanita harus mendapatkan 14,8 mg besi per hari, sementara pria membutuhkan 8,7 mg.

Meskipun daging merah merupakan sumber yang baik, Anda juga bisa meningkatkan asupan zat besi Anda dengan makan sayuran hijau seperti brokoli dan kale.

3. Anda tidur dengan menonton televisi

Jika Anda tertidur sambil menonton televisi, mungkin saatnya berpikir lagi. Penelitian telah menemukan tidur di depan televisi dengan cahaya redup yang dipancarkan dari televisi atau perangkat elektronik lainnya seperti komputer dapat memengaruhi suasana hati.

Dr Guy Meadows, Direktur Klinis, The Sleep School, sebuah klinik di London Barat, mengatakan, ketika matahari terbit, reseptor cahaya di retina belakang mata memberitahu kita waktunya untuk bangun dengan menghambat pelepasan melatonin, hormon yang membuat kita mengantuk.

"Sebaliknya itu terjadi pada malam hari, jadi idealnya meredupkan lampu karena waktu tidur sangat penting untuk mengatur suasana hati," kata Dr Meadows.

Setiap cahaya di kamar tidur, bahkan yang dihasilkan televisi akan mengganggu hormon tidur dan menyebabkan kita kurang tidur. Ini memicu mood jadi buruk.

4. Terlalu pelit

Tampaknya uang bisa membeli kebahagiaan, selama Anda menghabiskannya untuk orang lain. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal Science pada 2008, perserta diminta menilai tingkat kebahagiaan di pagi hari dan kemudian diberi amplop berisi US$ 20 atau US$ 5.

Beberapa responden diminta menghabiskan uangnya untuk diri sendiri, sedangkan yang lain diminta membelikan hadiah untuk orang lain atau untuk sumbangan.

Setelah itu, tingkat kebahagiaan dinilai. Ternyata, orang yang menghabiskan uang untuk tujuan baik dibandingkan untuk pengeluaran pribadi, hasilnya berbeda.

(Mel/*)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.