Sukses

Cara Atasi Otot Pegal Lebih dari 3 Hari Usai Muay Thai

Sewajar-wajarnya, orang akan merasa pegal hanya selama 3 hari. Bila lebih dari itu, tandanya otot Anda haus akan protein.

Wajar jika seseorang merasa pegal ketika ia baru sekali berolahraga Muay Thai. Sewajar-wajarnya, orang akan merasa pegal hanya selama 3 hari. Bila lebih dari itu, tandanya otot Anda haus akan protein.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Personal Trainer (PT) Muay Thai di Muay Thai Training Camp (MTTC), Panglima Polim 2, Arif Ginanjar. Menurut dia, bila itu sampai terjadi berarti setelah melakukan olahraga Muay Thai, orang tersebut kurang mengonsumsi protein.

"Pegal selama 1, 2, dan 3 hari itu wajar. Dan itu adaptasi. Tapi, kalau sudah seminggu, tandanya kekurangan protein. Ototnya kelaparan," kata pria yang biasa melatih penyanyi jazz Andien, kepada tim Health Liputan6.com, yang ditulis Kamis (29/8/2013)

Untuk itu, jangan pernah lupa untuk memperbanyak asupan protein setelah selesai olahraga Muay Thai. Sayangnya, orang Indonesia lebih banyak mengonsumsi karbohidrat dibanding protein. Proteinlah yang sang sangat dibutuhkan tubuh, terlebih bagi orang yang aktif berolahraga.

"Protein itu kan, banyak jenisnya. Ada telur, ikan, ayam, tahu, dan tempe. Asupan protein harus dikalikan 3 dari berat badannya," tambah dia.

Idealnya, lanjut Arif, seseorang yang baru selesai berolahraga harus banyak mengonsumsi protein dan fiber, bukan malah karbohidrat.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini