Sukses

Cedera Olahraga seperti Mohammad Ahsan itu Biasa!

Mohammad Ahsan, pemain bulu tangkis ganda putra yang berpasangan dengan Hendra Setiawan ini diketahui sempat cedera sebelum melaju ke final

Mengikuti sejumlah pertandingan hingga memenangkan olimpiade bukanlah hal yang mudah. Cedera pasti dialami atlet karena latihan terus menerus dan kerja keras. Sama halnya seperti yang terjadi pada Mohammad Ahsan, pemain bulu tangkis ganda putra yang berpasangan dengan Hendra Setiawan ini diketahui sempat cedera sebelum melaju ke babak final.

Hal ini ditanggapi oleh dokter yang juga pengurus Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), dr Michael Triangto SpKO. Menurutnya, kemenangan Mohammad Ahsan adalah berkat kerjasama semua pihak.

"Atlet cedera adalah bagian dari risiko. Mereka mengalami cedera paling banyak di lutut, pinggang, dan paha. Namun berkat kerjasama yang dilakukan antara sport medicine, fisioterapi, phisical terapi dan obat-obatan, jadilah Ahsan ini bisa bertahan dan juara," ungkap Michael yang ditemui beberapa waktu lalu, seperti ditulis Senin (26/8/2013).

Michael mengatakan, sebagai atlet tentu ia bukan orang biasa. Ia orang yang luar biasa karena bisa melakukan latihan lebih dari orang lain. Sehingga risiko cedera itu lebih tinggi dan harus ditanggung atlet.

"Tinggal bagaimana dokter bisa mempertahankan kondisinya dan membawanya ke puncak, itu adalah tugas bersama. Atlet itu berlatih, jadi kita yang mengarahkan supaya cedera itu tidak berkelanjutan dan parah," jelasnya.


(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.