Sukses

Dikabarkan Terus Kritis, Nelson Mandela Bisa Duduk Beberapa Menit

Setelah terus dikabarkan dalam kondisi kritis, kini Nelson Mandela bisa duduk walaupun hanya beberapa menit.

Kesehatan mantan presiden Afrika Selatan Nelson Mandela akhirnya mulai menunjukkan kabar baik. Setelah terus dikabarkan dalam kondisi kritis, kini Mandela bisa duduk walaupun hanya beberapa menit.

Kabar ini diketahui dari putri bungsunya, Zindzi Mandela yang dikutip Arabnews dari Reuters, Minggu (11/8/2013). Mandela sudah masuk rumah sakit sejak 8 Juni 2013. Di usia 95 tahunnya, Mandela menderita infeksi paru-paru yang berulang hingga perlu dirawat di Rumah Sakit Pretoria.

Pemerintah mengatakan akhir bulan lalu kondisinya tetap kritis tapi stabil dan menunjukkan peningkatan. Zindzi Mandela mengatakan "Dia (Mandela) baik-baik saja. Kini dirinya berhasil duduk, seperti dia duduk di kursi selama beberapa menit dalam sehari".

Zindzi juga berkata Mandela setiap harinya merasa waspada dan responsif. "Dia memiliki kekuatan melebihi pria biasa. Bahkan dengan kondisinya yang sekarang ini dirinya dapat kembali bangkit," ujarnya.

Mandela adalah pejuang anti apartheid. Kemenangan Mandela dalam pemilu multiras pertama tahun 1994 menandai berakhirnya sistem apartheid di Afrika Selatan. Empat tahun sebelumnya, dia dibebaskan setelah 27 tahun di penjara di bawah pemerintahan minoritas kulit putih. (Mia/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.