Sukses

Hidroterapi, Obati Gangguan Tanpa Efek Samping

Hidroterapi, metode pengobatan menggunakan air ini cukup efektif untuk mengatasi beberapa masalah yang menerpa

Antibiotik dan jenis obat-obatan lainnya biasanya menjadi pilihan utama ketika sakit menyerang. Memang obat ini dapat mempercepat proses pengobatan, namun Anda juga tidak bisa menghindari efek samping dari obat yang dikonsumsi. Untuk itu, mungkin dapat mencoba jenis pengobatan lain yang lebih aman.

Seperti hidroterapi, pengobatan yang hanya menggunakan air namun dapat membantu mengurangi rasa sakit dan memberikan kesembuhan yang permanen. Selain itu, Anda juga mendapatkan beberapa manfaat dari jenis pengobatan ini. Berikut 5 manfaat dari hidroterapi seperti dilansir MagForWomen, Senin (29/7/2013):

1. Membantu proses detoksifikasi
Zat seperti racun, bahan kimia, dan kandungan protein yang belum tercerna oleh tubuh akan menumpuk dan tertimbun dalam sistem limfatik tubuh. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti gaya hidup dan kebiasaan makan yang buruk.

Jika ini terjadi, tubuh Anda sangat mudah terserang penyakit. Namun, bila Anda melakukan jenis pengobatan ini, khususnya jenis colon hydrotherapy (hidroterapi usus besar), zat-zat berbahaya tersebut dapat dihilangkan dari tubuh.

2. Merangsang dan membantu mengendurkan otot
Perubahan gaya hidup, faktor pekerjaan, dan gerakan otot yang berulang dapat membuat otot Anda menjadi sakit. Ketika Anda mengalami hal ini, Anda dapat melakukan hidroterapi air panas yang dapat membantu mengendurkan otot dan jaringan pada tubuh.

3. Meningkatkan sistem pencernaan dan aktivitas metabolik
Anda dapat melakukan jenis pengobatan ini dengan bergantian mandi dengan menggunakan air panas dan air dingin. Hal ini akan membantu otot Anda berkontraksi. Ketika tubuh Anda menerima panas, darah dan getah bening akan bergerak menuju kulit bagian luar yang dapat mendinginkan sistem internal tubuh.

Sedangkan, ketika Anda mandi dengan menggunakan air dingin, ini akan memberikan efek kontras pada tubuh. Dengan begitu, tubuh Anda dapat melakukan proses detoksifikasi dengan baik, pori-pori kulit menjadi bersih, elastisitas otot meningkat, dan sistem pencernaan membaik.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Dengan melakukan colon hydrotherapy (hidroterapi usus besar), limbah beracun yang tertimbun dalam tubuh dapat hilang. Hal ini membuat tubuh Anda bersih dan higienis dari dalam. Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh Anda akan meningkat dan risiko terserang penyakit turut diminimalisir.

5. Meningkatkan fungsi organ
Hidroterapi dapat meningkatkan sirkulasi darah dari organ yang ada dalam tubuh. Dengan perbaikan sirkulasi, tubuh akan membangun kekebalan sehingga dapat melawan berbagai jenis penyakit. Hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan fungsi dari organ-organ yang ada dalam tubuh.

(Abd)




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini