Sukses

Tidur Telentang, Seimbangkan Badan dan Cegah Nyeri Leher

Tidak semua posisi tidur memiliki dampak positif untuk tubuh.

Posisi duduk, berdiri dan tidur semuanya ada aturannya. Bila Anda tidak mengikutinya, penyakit bakal mampir seperti misalnya saraf kejepit.

Meskipun sulit untuk mengubah kebiasaan, ada baiknya mengetahui gaya tidur yang mendukung dan memperburuk kesehatan dilansir Fitsugar, Selasa (16/7/2013).

1. Tidur Telentang

Posisi ini memang bagus untuk menyeimbangkan berat badan, menjaga organ internal agar selaras, dan mencegah nyeri leher dan punggung.

Namun pastikan untuk menaruh bantal di bawah lutut untuk membantu menjaga keselarasan punggung Anda.

Telentang tidak direkomendasikan untuk pendengkur, karena akan membuatnya lebih buruk. Hindari membaca saat posisi ini.

2. Tidur Miring

Berbaring dengan posisi janin dengan lutut ditekuk dan bantal berada di antara kaki dapat membantu mengurangi stres dan sakit pada punggung.

Sangat penting untuk menggunakan bantal untuk menjaga kepala berada dalam posisi netral, sehingga kepala tidak akan turun dan memengaruhi postur tubuh.

Tidur dengan posisi kiri dapat mengurangi nyeri mulas. Namun tidur dengan posisi ini dapat berisiko kelengkungan tulang belakang.

3. Tidur Posisi seperti Yoga Cobra

Kadang-kadang tidur posisi ini dapat mengurangi tekanan pada ruang organ, namun diperklukan banyak menggunakan bantal.

Tidur dengan posisi telentang dan punggung tegak yang paling berisiko untuk kesehatan tubuh.

Menurut Alignment Specialist dari NYC, Jonathan FitzGordon, "Tidur dengan tekanan di perut merata kurva alam di punggung bawah dan membuat kepala berpaling ke satu sisi sepanjang malam, yang mendistorsi keselarasan tulang belakang dan leher."

Posisi ini juga dapat memberikan tekanan yang tidak perlu pada saraf yang akan menyebabkan kesemutan ketika bangun.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.