Sukses

Berpuasa, Pilih Tempat yang Adem Untuk Olahraga Sepak Bola

Buat Anda para pria yang suka bermain sepak bola sembari menunggu waktu berbuka, pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga itu.

Buat Anda para pria yang suka bermain sepak bola sembari menunggu waktu berbuka, pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga itu, agar tak terjadi dehidrasi.

"Pada prinsipnya, ketika berolahraga lakukanlah 1,5 atau 2 jam sebelum berbuka puasa. Jangan pada saat panas terik, agar tak dehidrasi," ujar spesialis kedokteran olahraga, dr. Grace Tumbelaka, SpKO, saat diwawancarai Liputan6.com, yang ditulis Kamis (11/7/2013).

Berhubung orang yang berpuasa akan kehilangan banyak cairan dalam tubuh, tambah Grace, untuk itu perlu diwaspadai benar bagi orang yang memilih olahraga sepak bola untuk menunggu waktu berbuka.

"Atau biar aman, pindah lokasi bertandingnya ke tempat yang lebih sejuk, agar keringat dalam tubuh ketika bermain tidak keluar terlalu banyak," jelas Grace.

Grace menerangkan, ada baiknya untuk intensitas pertandingan jangan disamakan seperti hari biasanya. Jika di hari biasa bisa sampai 90 menit, ketika puasa seperti sekarang ini, kurangi menjadi 30 menit.

"Kurangilah waktunya, ambil tujuan dari olahraga itu untuk kebugaran saja ketika bulan puasa. Yang penting, sehatnya itu didapat oleh mereka yang melakukan," ujarnya.

Sah-sah saja apabila memang memilih sepak bola sebagai olahraga di sore hari, tapi beberapa yang dianjurkan tolong diperhatikan, agar sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini