Sukses

Agar Bebas Kencing Manis, Ganti Gula Pasir dengan Gula Jagung

Anda bisa mengganti kadar gula yang hilang saat puasa dengan mengonsumsi buah-buahan atau gula lain, misalnya gula jagung

Bagi seseorang yang pernah obesitas, dan kini menghindari untuk mengonsumsi gula ketika berbuka puasa, ada cara ampuh yang dapat dilakukan, yaitu mengonsumsi buah-buahan untuk mengembalikan kadar gulanya menjadi normal.

"Sumber gula itu 'kan, tidak harus selalu dari gula pasir, glukosa. Tapi, juga bisa didapat dari flukotas, yang terdapat di buah-buahan," jelas Konsultan Gastroenterologi Hepatologi dari Kolegium PB-PAPDI, Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, K-GEH, FINASIM, MMB, FACP, saat diwawancarai Liputan6.com, yang ditulis Selasa (9/7/2013)

Selain buah, orang yang menghindari gula pasir juga dapat menggantinya dengan pemanis lainnya. "Gula jagungkan juga bisa. Itu juga bisa jadi pemanis. Tidak masalah, bisa diambil juga dari situ," tambahnya.

Memang, bagi orang yang berpuasa diharapkan untuk mengonsumsi teh manis dan tiga butir kurma pada saat berbuka, karena perut mengalami kekosongan selama 6-8 jam.

Menurut Ari, teh manis dapat dijadikan alternatif untuk mengisi kekosongan yang telah terjadi selama orang tersebut berpuasa.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini