Sukses

Makan Tumis Daging Rawan Terkena Kanker Prostat

Penelitian baru menyebutkan daging merah yang dengan cara memasaknya ditumis bisa menyebabkan kanker prostat.

Kabar buruk untuk pria yang suka mengonsumsi tumis daging. Penelitian baru menyebutkan daging merah yang dengan cara memasaknya ditumis bisa menyebabkan kanker prostat seperti dikutip dari Askmen, Kamis (4/7/2013).
 
Daging memang baik untuk dikonsumsi selama pengolahannya tepat. Mengolah daging dengan suhu tinggi tidak hanya menghilangkan kandungan nutrisisnya, namun juga berbahaya bagi kesehatan.
 
Pria yang mengonsumsi lebih dari satu setengah porsi daging tumis per minggu dapat meningkatkan risiko kanker prostat sebesar 30 persen dan akan meningkat menjadi 40 persen saat mengonsumsi dua setengah porsi.
 
Metode memasak daging merah, bakal memicu kanker yang diakibatkan oleh zat karsinogen yang terbentuk karena pemanasan tinggi. Tidak hanya daging merah, menumis atau menggoreng unggas dan ikan dengan titik panas tinggi juga terkait kanker prostat.
 
Olahan daging merah pada burger adalah pilihan buruk bila hal itu hendak dikonsumsi sedangkan steak masih lebih baik. Hal ini dikarenakan burger dimasak dengan suhu internal dan eksternal yang lebih tinggi dari steak.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.