Sukses

Benarkah Minum Multivitamin Saat Puasa Bikin Lebih Berenergi?

Minum multivitamin saat puasa tidak akan memberikan energi. Kenapa?

Melakukan aktivitas seperti biasa di bulan Ramadan bukan hal yang mudah. Rasa lapar atau mengantuk seolah menjadi godaan terbesar. Biasanya untuk mendapatkan energi, orang akan minum multivitamin ketika sahur. Namun benarkah multivitamin membuat tubuh kita menjadi lebih bernergi?

Hal ini dibantah Ketua Yayasan Gema Sadar Gizi yang juga Pengurus PDGKI Dr. Tirta Prawita Sari, MSc, Sp. GK. Menurutnya, minum multivitamin saat puasa tidak akan memberikan energi. Ini yang seringkali salah dipersepsikan oleh kebanyakan orang.

"Energi itu didapat dari sumber pangan seperti karbohidrat, protein dan lemak. Wajar jika puasa kita lapar dan lemas. Multivitamin itu fungsinya hanyalah sebagai zat pengatur dan pelengkap saja. Jadi kita tidak bisa mendapatkan energi dari multivitami," kata Tirta saat ditemui di kantor pusat IDI, Jakarta pada diskusi publik 'Puasa, Keadaan Lapar yang Menyehatkan', yang ditulis Rabu (3/7/2013).

Tirta menyampaikan, agar tidak lemas dan ngantuk saat puasa, makanlah karbohidrat ketika sahur. Multivitamin boleh diminum tapi jangan berlebihan.

"Konsumsi multivitamin cukup 60 miligram per hari. Jangan terpukau iklan multivitamin yang memberikan energi saat puasa," tambahnya.

(Fit/Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.