Sukses

Resep Rahasia Panjang Umur Orang Jepang

Dua pria Jepang Michiko Ono dan Masaru Nishimori yang berusia 80 tahunan tak pernah menderita penyakit yang serius. Apa karena teh hijau?

Dua pria Jepang Michiko Ono dan Masaru Nishimori yang berusia 80 tahunan tak pernah menderita penyakit yang serius. Sehari-hari keduanya menjalani diet tradisional yang diyakini membuat badannya sehat dan panjang umur, salah satunya dengan minum teh hijau.

Sehari-hari, Ono (82) menjalani diet sehat. Ono mengawali harinya dengan makanan karbohidrat biasa yakni nasi putih dengan telur mentah di atasnya, sebuah roti gulung tanpa butter dan beberapa cangkir teh hijau.

Orang Jepang awalnya minum teh hijau (ocha) untuk pengobatan, yakni menurunkan tekanan darah, membantu pencernaan, dan mencegah kanker. Konsumsi teh hijau menurun ke masyarakat Jepang yang lebih muda.

"Saya minum sekitar enam cangkir sehari," kata Nishimori (85) seperti dikutip Guardian, Senin (1/7/2013).

Tak berbeda dengan Nishimori, yang juga memiliki diet sehat. Dia menggambarkan dirinya sebagai seorang vegetarian. Dan sebagian protein yang diperolehnya berasal dari ikan bakar atau sarden.

"Jika saya bisa menunjukkan satu hal yang membuat saya sehat bertahun-tahu itu karena kurangnya daging dalam diet saya," kata Nishimori. Saat berusia 25 tahun ia berhenti merokok dan minum alkohol.

Sementara Ono, seumur hidupnya ia bukan peminum dan bukan perokok. Ia juga tak mengurangi makan daging. Ia paling suka daging babi, tapi hanya mengonsumsinya sedikit. Irisan tipis daging babi dicampur dengan tauge dan sayuran lainnya.

Selain nasi dan teh hijau, Octogenarian (orang tua) itu memasukkan sup miso, yang diminum secara teratur dalam jumlah kecil karena garamnya tinggi, dan nimono, hidangan rendah kalori dari sayuran yang direbus dengan mirin, kecap, dan memasaknya dengan sake.

Kedua pria ini tak memiliki masalah kesehatan yang serius. Saat periksa ke dokter, Nishimori mengaku dokter tak menemukan masalah dengan kesehatannya.

"Satu-satunya masalah fisik yang saya miliki sekarang adalah gigi depan saya sedikit bengkok," katanya.

Menu Diet Michiko Ono

  • Sarapan (06.30): Nasi putih rebus dicampur dengan telur mentah, roti gulung, teh hijau.
  • Makan Siang (11.30): semangkuk kecil beras, nimono sayuran (kentang, daikon lobak, wortel, akar talas), irisan tipis daging babi yang digoreng dengan tauge, sup miso, teh hijau.
  • Makan malam (18:30): Sushi dengan keluarganya; teh hijau
Menu Masari Nishimori
  • Sarapan (10.00) : Nasi putih, sup miso yang berisi sawi, irisan bawang, teh hijau, kadang-kadang susu atau jus buah.
  • Tak ada makan siang tapi snack sore kerupuk nasi atau mochi kacang manis, teh hijau.
  • Makan malam (17.00) sarden grill, nasi, sup miso, acar tsukemono daikon lobak, teh hijau.
(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.