Sukses

15 Fakta Tentang Indera Penciuman, Salah Satunya Singa Suka Mint

Cek fakta seputar indera penciuman yang belum Anda ketahui. Ada banyak hal yang tidak kita duga

Ini mungkin terdengar seperti hal yang sepele, tapi banyak penelitian menganggap indera penciuman sangat penting diketahui. Seperti misalnya bagaimana memilih parfum yang tepat.

Seperti dilansir Mirror, Senin (24/6/2013), fakta mengenai indera penciuman ini diungkapkan.

1. Anda dapat mencium segar seperti bunga setiap bulan karena hidung sama seperti kulit dan organ lainnya yang beregenerasi setiap 28 hari.

2. Bau adalah yang paling sensitif dari indera. Setelah satu tahun, orang masih dapat mengingat bau dengan akurasi 65 persen.

3. Indera penciuman akan cepat hilang. Ketika memasuki toko roti atau toko bunga mungkin masih bisa mencium aromanya. Tapi setelah keluar, Anda tidak lagi bisa mencium aromanya.

4. Indera penciuman sejak lahir sudah sepenuhnya terbentuk dan berfungsi.

5. Indera penciuman wanita lebih kuat dari pria. Hal ini meningkat pada siklus menstruasi pertama dan mencapai puncaknya ketika wanita sedang dalam masa subur.

6. Penciuman akan kuat pada usia menjelang dewasa dan mulai berkurang secara bertahap. Orang yang memiliki gangguan kemampuan untuk mencium, cenderung mengikuti diet yang kurang sehat.

7. Anda dapat mencium kelembaban di udara. Apalagi usai latihan.

8 Manusia memiliki 5 - 6.000.000 sel yang bisa mendeteksi bau.  Walaupun tidak sebanding dengan hewan seperti kelinci atau anjing yang memiliki 220 juta sel.

9. Sama seperti manusia, hewan juga memiliki bau favorit. Seperti misalnya singa yang suka bau mint dan unta yang menyukai bau tembakau.

10. Otak manusia dapat memproses sekitar 10.000 bau yang dapat memicu respons saraf.

11. Aroma jaket kulit baru atau sepasang sepatu bisa membuat orang bahagia. Hal yang sama dilakukan Singapore Airlines untuk menciptakan aroma unga teratai dan hutan bambu dalam penerbangannya.

12. Kebiasaan mencium bau kopi pagi hari setelah bangun tidur, ada baiknya. Menurut peneliti, indra penciuman Anda dimatikan ketika tidur. Jadi dnegan mencium kopi, indera Anda akan bekerja dengan baik.

13. Orang yang tidak bisa mencium bau disebut anosmia.

14. Di Amerika, hampir semua hotel memiliki aroma sendiri. Hotel Sheraton berbau seperti ara, cengkeh dan melati, Westin bau teh putih dan Four Points bau kayu manis.

15. Ada beberapa orang yang memiliki kelainan terhadap bau. Orang-orang ini jika mencium bau bunga segar akan merasa muak seperti mencium bau busuk dan ingin muntah.

Penelitian menunjukkan bahwa bau berhubungan dengan ingatan emosional kita. Jika dikatkan, 75 persen dari emosi yang dipicu oleh bau akan terhubung dengan kesenangan, kesejahteraan, emosi dan memori.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini