Sukses

Kenapa ya Mata Kita Bisa Kedutan?

Michelle Yagoda, MD, ahli operasi plastik dan THT (telinga, hidung dan tenggorokan) di Amerika mengungkapkan bahwa mata kedutan dipicu stres

Hal menarik jika Anda masih percaya bahwa mata yang kedutan adalah tanda kalau Anda akan berjumpa dengan orang yang sudah lama tidak ditemui. Secara ilmiah hal ini dijawab oleh seorang dokter di New York.

Michelle Yagoda, MD, ilmuwan yang juga ahli operasi plastik dan THT (telinga, hidung dan tenggorokan) di Amerika mengungkapkan bahwa mata kedutan dipicu oleh stres.

"Kedutan pasti pernah dialami setiap orang setidaknya sekali. Sensasi berdenyut ada di sekitar kelopak mata dan Anda tidak bisa membuatnya berhenti,"kata Michelle seperti dikutip Youbeauty, Sabtu (22/6/2013).

Menurut Michelle, kedutan itu termasuk kejang kecil. Sedangkan kejang dipicu oleh stres dan kelelahan. Stres ini akan merangsang saraf dari otak sehingga menimbulkan reaksi kejang kecil. Saking kecilnya, orang lain mungkin tidak akan menyadarinya.

"Kedutan biasanya dialami jika mata kita kering. Walaupun sedikit mengganggu, tapi kedutan merangsang bola mata agar tetap lembap,"ungkapnya.

Untuk menghindari kedutan di mata, Anda bisa melakukan hal berikut:

1. Jika Anda lelah, lebih baik tidur.

2. Jika Anda merasa mata Anda mulai kering, teteskan beberapa obat steril mata

3. Banyak minum air dan hindari minuman kafein dan alkohol

4. Pastikan memeriksakan mata Anda setiap enam bulan sekali

(Fit/Igw)




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini