Sukses

Telat ke Dokter, Kanker Penis Patil dari 12 Cm Jadi Berbobot 4 Kg

Jangan pernah menunda-nunda mengobati kanker. H. Patil, kanker penisnya berkembang dari ukuran 12 cm hingga berat 4 kg.

Jangan pernah menunda-nunda melakukan pengobatan jika sudah terdeteksi kanker. H. Patil, seorang pria berusia 52 tahun didiagnosa kena kanker penis yang langka. Namun ia baru mau melakukan operasi 6 bulan usai hasil diagnosa itu. Alhasil, kanker di penisnya berkembang hingga beratnya 4 kilogram (kg).

Beruntung, dokter dari Rumah Sait Mulund berhasil mengangkat kanker yang ada di penisnya.

Seperti dikutip HealthIndia, Sabtu (8/6/2013), pria dari Navi Mumbai itu mencoba pengobatan alternatif sebelumnya. Dengan menunda pengobatan, tumor itu berkembang cukup fantastis dari yang ukurannya 12 cm menjadi beratnya 4 kg.

Pada pekan lalu, dokter di Rumah Sakit Vertex, Mulund, mengoperasinya dan mengangkat tumor dalam operasi yang berlangsung 8 jam. Tumor awalnya berkembang di paha kirinya, namun terus bergerak ke atas sehingga akhirnya menutupi seluruh pangkal pahanya,

"Kanker penis jarang terjadi. Dalam kasusnya, ada tumor besar dan melibatkan beberapa pembuluh darah utama di pahanya. Dia memiliki kemungkinan yang sangat tinggi kehilangan anggota badannya tapi kami berhasil menghindarinya," ujar Ahli Bedah Kanker Dr Amit Gandhi.

Patil menderita kanker yang bentuknya jarang, karsinoma sarcomatoid penis, yakni penyakit berasal dari pembuluh darah.

Menantu Patil, Shailesh Mhatre mengatakan, gejala sudah dimulai sejak tahun lalu. Ia menderita sakit yang luar biasa di pangkal pahanya sehingga tak bisa tidur. Dia membiarkannya selama dua bulan sebelum berobat ke dokter.

"Kami tak pernah mendengar ada orang yang menderita kanker penis".

(Mel/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini