Sukses

Sifat Agresif Anak Menurun dari Ortu, Bisa Diubah dengan Empati

Anak agresif sebenarnya menyimpan gen tersebut dari orangtuanya yang agresif. Namun, kondisi ini bisa diubah bila orangtua bisa mendidik anak dengan empati

Ada orangtua yang marah ketika anaknya menjadi sangat agresif. Terlebih apabila agresivitas tersebut mencelakan anak itu sendiri. Namun, tahukah agresivitas itu sebenarnya adalah turunan?

Seperti dikatakan Psikolog Anak, Roslina Verauli, M. Psi, agresivitas merupakan turunan dari orangtua anak itu sendiri. Namun, tampilan anak akan menjadi agresif atau tidak itu semua tergantung lingkungan.

"Kalau anak mempunyai orangtua agresif, ya maka akan turun ke dirinya. Namun, akan tampil atau tidak, tergantung faktor pencetusnya," terang Roslina, di Jakarta, Kamis (16/5/2013).

Faktor pencetus yang dimaksud Roslina antara lain orangtua yang memang agresif, si anak pendidikannya kurang, atau di sekolah juga bermasalah. Tak heran bila anak-anak itu agresif.

Menurut Roslina, agar tidak menjadi agresif, orangtua harus mengembangkan empati pada anak.

"Empati yang seperti apa? Empati yang membuatnya peka dengan kondisi orang lain. Dengan munculnya empati, maka dia akan peka dengan orang lain," tanda wanita berambut panjang ini.

(Adt/Abd/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.