Sukses

Jangan Malu Colok Dubur, Kalau Mau Deteksi Kanker Prostat

Salah satu cara mudah untuk mengetahui apakah seorang pria mengalami gangguan pada prostatnya adalah dengan melakukan colok dubur. Jangan malu dicolok

Salah satu cara mudah untuk mengetahui apakah seorang pria mengalami gangguan pada prostatnya adalah dengan melakukan colok dubur.

Karena itu, menurut Spesialis Penyakit Dalam dari Divisi Hematologi-Orkologi Medik, DR. Dr. Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD, KHOM, FACP, para pria jangan malu bila dokter hendak mencolok duburnya.

"Tidak perlu alat canggih untuk memprediksi seseorang terkena kanker prostat, cukup dengan jari," ujar Sudoyo dalam acara 'Seminar Media Kanker Prostat; Deteksi Dini dan Terapi Tepat Dapat Meningkatkan Angka Harapan Hidup', di Hotel Gran Melia, Jakarta, Rabu (15/5/2013).

Dengan menggunakan jari, apabila prostat tidak teraba, berarti masih stadium 1. Kalau agak keras, sudah menginjak stadium 2. Ketika saat  diraba terasa ada benjolan, berarti sudah stadium 4.

Para dokter di pedalaman tentu saja tak perlu repot karena metode ini sangat mungkin dilakukan tanpa alat khusus seperti USG (ultrasonografi). "Toh, alat USG-nya berbentuk jari. Jadi, sama saja, dong," terang Sudoyo.

"Jadi, kalau ke dokter, jangan malu untuk bilang 'Tolong colok saya, dok'," tutup Sudoyo.

(Adt/Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.