Sukses

4 Wanita yang Pilih Angkat Payudara Seperti Angelina Jolie

Selain Angelina Jolie, 4 pasien di Inggris yang berusia 21 hingga 50 tahun ini juga memilih untuk mengangkat payudaranya dari pada harus terkena kanker.

Selain Angelina Jolie, 4 pasien di Inggris yang berusia 21 hingga 50 tahun ini juga memilih untuk mengangkat payudaranya dari pada harus terkena kanker.

Pengangkatan payudara atau dikenal dengan masektomi, saat ini terus diamati oleh para ahli karena banyak wanita yang cemas terhadap kanker payudara.

Berikut kisah keempat wanita yang melakukan masektomi seperti yang dilakukan Angelina Jolie belum lama ini, seperti dilansir Dailymail, Rabu (15/5/2013)

Rachel Joy Horn (23) memutuskan untuk menjalani mastektomi ganda karena dua tahun lalu ia mengetahui kalau ia mewarisi risiko kanker payudara dari ibunya.

"Ketika saya memberitahu orangtua saya untuk melakukan mastektomi ganda, mereka terkejut dan heran. Setiap orang seusia saya juga mengatakan hal yang sama dan mereka menilai pilihan saya tidak masuk akal. Tapi saya yakin dan melakukan operasi pada 13 Maret 2012," ungkapnya.

Menurut Rachel, operasi masektomi tidak terlalu menyakitkan tapi saluran air yang dipasang ke tubuh selama tiga minggu di sekitar tulang rusuk saya cukup mengganggu.

"Saya senang Angelina Jolie telah berbagi cerita dan saya ingin memberinya pelukan terbesar. Saya berharap dia membantu meningkatkan kesadaran wanita lainnya untuk mencegah kanker payudara,"ujarnya.
 
Stephanie Stevenson (50) seorang penata rambut dan pemilik salon dari Sandbanks, Dorset, Inggris juga memutuskan untuk melakukan mastektomi ganda pada September lalu setelah ditemukan kalau dirinya memiliki gen BRCA1 (sel pertumbuhan kanker) sehingga berisiko tinggi tertular penyakit.

"Saya diberitahu bahwa saya memiliki mutasi gen berbahaya pada Februari 2012 dan berisiko 90 persen terkena kanker. Saya menjalani operasi pengangkatan payudara pada September 2012,"jelasnya.

Sherri Rawls Burgiss (40) asal Ahoskie, North Carolina memutuskan untuk melakukan mastektomi ganda setelah melihat ibu dan bibinya mengidap kanker. Setelah menunggu sampai dia menyusui anak ketiganya, Sherri memutuskan untuk masektomi. Ia mendokumentasikan perjalanannya dalam sebuah buku berjudul 'Sherri's Story: Innovations in Tissue Expander Breast Reconstruction'.

Debbie Horwitz (40) seorang ibu dua anak dari Raleigh, North Carolina didiagnosa menderita kanker payudara sembilan tahun yang lalu. Dia mengaku kehilangan ibunya  karena kanker payudara dan memutuskan untuk menjalani mastektomi ganda untuk menghindari nasib yang sama.

(Fit/Igw)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.