Sukses

Diabetes pada Wanita Juga Pengaruhi Libido dan Orgasme

Meskipun masih jarang diketahui, tapi pengaruh diabetes terhadap wanita ternyata sangat membahayakan.

Meskipun masih jarang diketahui, tapi pengaruh diabetes terhadap wanita ternyata sangat membahayakan.

Staf divisi Metabolik Endrokrinologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr. Dyah Purnamasari, SpPD menyatakan bahwa gangguan fungsi seksual akan memengaruhi wanita yang menderita diabetes walaupun tidak berpengaruh langsung.

"Hal yang paling mudah diketahui adalah pada proses rangsangan, gangguan rasa, juga masalah psikis. Perempuan yang mengalami diabetes cenderung akan merasa cemas dan depresi," kata Dyah di Seminar Diabetes Pada Wanita (Problematika Diabetes di ASEAN), Jakarta, Senin (13/5/2013).

Dyah mengakui, pengaruh diabetes melitus sudah jelas pada pria. Tapi pada wanita, penyakit ini akan memengaruhi gangguan neuropati (saraf) pada penderita diabetes.

"Hal ini yang bisa  memengaruhi libido dan orgasme pada wanita, juga proses lubrikasi (pelumasan) saat berhubungan seksual. Pendekatannya adalah komunikasi yang baik," tambahnya.

(Fit/Abd/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini