Sukses

Jangan Tusuk Benjolan Tumor, Bisa Nyebar!

Pasien kanker payudara jangan sekali-kali mencoba pengobatan yang memencet dan menusuk benjolan di payudara. Soalnya, cara tersebut bisa membuat sel kanker menyebar.

Saat sakit apalagi menderita kanker, tidak masalah bila Anda mendatangi pengobat alternatif.  Namun, ada hal-hal yang perlu Anda ketahui agar penyakit tidak makin parah, yakni untuk tidak melakukan pengobatan dengan cara memencet atau menusuk benjolan yang sakit

"Kalau percaya alternatif, percaya air yang didoain itu enggak masalah. Tapi, benjolan jangan sampai diapa-apain karena nanti bisa menyebar," ujar Ketua Umum Perhimpunan Onkologi Indonesia (POI), dr. Drajat R. Suardi, SpB(K)Onk, saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Selasa (14/5/2013).

Pengobatan herbal bagi Drajat tidak menjadi masalah. Usahakan pilih yang alami dan bukan racikan. "Kalau kanker tak masalah bila menggunakan pengobatan herbal. Herbal yang pakai buah-buahan dan daun-daunan. Yang alami, bukan racikan. Dan yang penting medis yang utama. Herbal sebagai pendukung," tambahnya.

Kanker payudara paling sering dialami kaum wanita. Pada saat kanker payudara, sel-sel abnormal di payudara menjadi ganas (kanker) dan dapat menyerang serta merusak jaringan di dekatnya.

(Mel/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.